Disperindag Pekanbaru: Tidak Terjadi Gejolak Harga Ayam

id disperindag pekanbaru, tidak terjadi, gejolak harga ayam

Disperindag Pekanbaru: Tidak Terjadi Gejolak Harga Ayam

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengatakan sejauh ini tidak terjadi gejolak harga ayam di wilayah setempat, karena stok pasokan stabil dan aman.

"Karena kenaikan harga ayam di pasar tradisional masih normal kurang dari lima persen," ungkap Kadisperindag Pekanbaru Azwan di Pekanbaru, Selasa.

Azwan menyebutkan hasil pantauan tim harga Disperindag pada enam pasar tradisional wilayah tersebut, kondisi harga ayam potong stabil di Rp26.000/kg-27.000/kg.

Sementara pengakuan para pedagang ayam, sebut Azwan sejauh ini daya beli masih stabil tidak ada penurunan berarti.

Kalaupun ada kenaikan harga di Pekanbaru, menurut Azwan masih dalam batas kewajaran dibawah lima persen.

Hal inipun tutur Azwan, dikarenakan naiknya harga pakan ayam potong belakangan ini. Sehingga modal harga jual ayam potong ikut naik.

Namun demikian analisa Azwan kondisi ini sejauh yang terjadi belum menyebabkan gejolak harga maupun pedagang ayam potong seperti yang dikeluhkan beberapa daerah di pulau Jawa. Sebab pasokan tetap terjaga.

"Sejauh ini tidak ada pengurangan pasokan ayam potong ke Pekanbaru," tuturnya.

Karena menurut Azwan lagi, Pekanbaru tidak sepenuhnya bergantung pada peternak luar Provinsi Riau.

Namun demikian ia mengimbau kepada agen dan pedagang agar menaikkan harga sesuai kewajaran. Jangan ada yang berani mencoba-coba berspekulasi dengan menumpuk barang.

"Kami akan selalu melakukan pemantauan perhari dan hasilnya dilaporkan ke wali kota," pungkasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru El Syabrina, membenarkan, bahwa pasokan ayam potong ke wilayahnya 50 persen dipenuhi oleh peternak lokal.

"Jadi kalau pasokan ayam potong lumayanlah tidak terlalu tergantung pada provinsi lain," ujar El.

Ia juga yakin melalui empat agen distributor ayam potong yang mengisi pasar -pasar Pekanbaru, terbangun koordinasi dan tidak akan ada permainan dan spekulasi.

"Kami selalu melakukan pemantauan stok dan pasokan melalui agen besar ini, mereka mengakui aman dan terkendali," pungkasnya.