Pemkot Dumai Sumbang 2.000 Pohon Penghijauan Kelurahan

id pemkot dumai, sumbang 2000, pohon penghijauan kelurahan

Pemkot Dumai Sumbang 2.000 Pohon Penghijauan Kelurahan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, memberikan bantuan 2.000 bibit pohon untuk mendukung penghijauan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat kelurahan di Kecamatan Sungai Sembilan.

Wakil Wali Kota Dumai Agus Widayat di Dumai, Kamis, menyebutkan, penanaman pohon di area industri sangat bagus untuk mencegah terjadi polusi udara di tengah lingkungan masyarakat.

"Kecamatan Sungai Sembilan terkenal dengan kawasan industri, karena itu kita sangat mendukung keinginan masyarakat melakukan penghijauan dengan penanaman pohon pencegah polusi," kata Agus Widayat.

Menurut dia, pohon penghijauan nantinya akan berguna untuk menyerap kandungan karbondioksida pada udara di lingkungan industri dan mengeluarkan oksigen bagi kesehatan makhluk hidup.

Selain itu, dia juga mengimbau agar keluarga di kota berpenduduk 315 ribu jiwa minimal menanami satu batang pohon penghijauan di rumah untuk mencegah terjadinya pencemaran udara akibat aktivitas industri.

"Setiap pohon yang ditanam hendaknya dirawat dengan baik supaya tumbuh dan bisa mengurangi efek pencemaran udara di lingkungan sekitar," harapnya.

Dia berharap dengan penanaman pohon ini mampu menyerap air mencegah banjir dan mendorong gerakan rehabilitasi lahan dan hutan guna mewujudkan program "Dumai Hijau".

Legislator Dumai dari Partai Nasdem Yusman mengapresiasi kegiatan penghijauan masyarakat kelurahan dan dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkan program penghijauan di kawasan industri.

Diharapkan dia, penghijauan ini rutin dilakukan mengingat kawasan industri berpotensi menimbulkan pencemaran udara dampak aktivitas pabrik dan kendaraan angkutan kepentingan perusahaan.

"Pemerintah perlu juga memberikan pembinaan dan bimbingan teknis kepada unsur penyelenggara kelurahan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar masyarakat memahami," jelasnya.

Diketahui, sebanyak 2.000 bibit pohon penghijauan hasil budidaya Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan setempat terdiri dari pohon mahoni, matoa dan durian, direncanakan ditanami di sepanjang ruas jalan Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.