Inhil Alokasikan Rp135 Miliar Untuk Pembangunan Desa

id inhil alokasikan, rp135 miliar, untuk pembangunan desa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau tahun ini mengalokasikan sekitar Rp135 miliar untuk pembangunan desa melalui berbagai program yang diantaranya adalah program desa maju Inhil jaya.

"Pembangunan ditingkat desa saat ini tengah menjadi perhatian baik oleh pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Inhil Yulizal di Tembilahan, Kamis.

Dia mengatakan dana yang dialokasikan melalui beberapa program ini dipastikan akan masuk ke desa karena pembangunan ditingkat desa memang saat ini menjadi fokus perhatian.

"Namun tanpa melupakan pembangunan disektor perkotaan," katanya.

Dia menjelaskan melalui anggaran APBD Inhil tahun ini dana yang dialokasikan ke desa melalui program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) mengalami peningkatan sebesar Rp30 miliar.

"Dana ini meningkat dari yang sebelumnya," sebutnya.

Dia mengungkapkan tahun sebelumnya yang dialokasikan untuk program DMIJ ini hanya Rp105 miliar dan selain itu ada juga bantuan desa dari alokasi khusus yaitu dana yang berasal dari APBD provinsi.

"Dalam program DMIJ dana itu digunakan untuk membangun sarana dan prasarana atau fasilitas yang diinginkan desa dengan memperhatikan skala prioritas dan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia hal prioritas itu diantaranya seperti membangun jalan umum, jembatan, jerambah beton, dermaga, turap, jalan lintas pagar desa, semenisasi lapangan sekolah, semenisasi lapangan desa, pengadaan mobiler desa dan bahkan sampai pada pembangunan kantor desa.

"Ada sekitar 54 miliar dana dari ADD yang diperuntukan bagi setiap desa di Inhil, Tahun ini program DMIJ mendapat arahan pembangunan berbeda dari tahun sebelumnya," ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa sebelumnya desa wajib membangun atau mengadakan gedung PAUD namun pada tahun ini 78 kantor Babinkantibmas dan Babinsa dibangun satu atap di satu desa.

Selain itu dia menyampaikan terkait mengenai pekerjaan fisik pengerjaan akan segera dimulai untuk program DMIJ dan tahun 2015 ini dia berharap persiapan desa sudah harus semakin matang.

"Persiapan administrasi untuk pencairan dana harus sudah diselesaikan," katanya. (Adv)