Perayaan Imlek Di Dumai Dikawal 120 Polisi

id perayaan imlek, di dumai, dikawal 120 polisi

Perayaan Imlek Di Dumai Dikawal 120 Polisi

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Dumai Riau Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Tony Hermawan menyebutkan, sebanyak 120 personel polisi mengawal perayaan Tahun Baru Imlek 2566.

"Pengawalan polisi dipusatkan di jalan umum, terminal dan 14 vihara tempat peribadatan umat yang merayakan Imlek," katanya kepada pers, Kamis.

Selain itu, disiagakan juga sebanyak 50 personel dari berbagai satuan untuk mendukung pengamanan hari raya umat Konghucu tersebut di Markas Polres Dumai Jalan Jenderal Sudirman.

Menurutnya, sejauh ini perayaan Imlek di kota berpenduduk 300 ribu jiwa tersebut berjalan aman dan kondusif tanpa ada gangguan keamanan yang berarti.

Untuk mengawal perayaan Imlek di sejumlah vihara, ditempatkan 6-8 personel polisi berseragam agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Tionghoa yang akan melaksanakan ibadah.

"Sejauh ini masih aman kondusif dan anggota juga giatkan patroli keliling

untuk mendeteksi gangguan keamanan yang tidak diinginkan," terangnya.

Pantauan wartawan, sejak Rabu kemarin sejumlah jalan utama di Dumai tampak sepi dari aktivitas jual beli karena banyak pusat pertokoan dan supermarket tidak membuka seperti biasa.

Panitia Imlek 2566 Kota Dumai Acong Efendi mengimbau masyarakat Tionghoa di daerah itu agar merayakan tahun baru china ini secara sederhan dan tidak berlebihan.

"Terutama sekali diimbau supaya tidak membunyikan petasan atau kembang api pada waktu jam istirahat masyarakat umum supaya tidak menimbulkan kegaduhan dan

menganggu kenyamanan," imbau dia.

Perayaan Imlek di Dumai, lanjut dia, dirangkai dengan berbagai kegiatan yang telah dimulai 18 Februari kemarin, diantaranya, lomba festival lampion piala walikota, pawai seni warga Tionghoa dan puncak peringatan di Klenteng Hock Liong Kiong.

"Kita mengajak masyarakat tionghoa untuk bersukacita dan merayakan tahun baru Imlek ini di Klenteng Hock Liong Kiong karena akan banyak hiburan serta artis mandarin," jelasnya.