Riau Sepakati Integrasi Jamkesda ke BPJS Kesehatan

id riau sepakati, integrasi jamkesda, ke bpjs kesehatan

Riau Sepakati Integrasi Jamkesda ke BPJS Kesehatan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau bersama seluruh Pemda kabupaten/kota di daerah tersebut berkomitmen untuk mendukung integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke BPJS Kesehatan pada 2015.

Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Riau, Dedi Parlaungan, Rabu, mengatakan, seluruh kepala daerah telah menandatangani nota kesepakatan dengan Pemprov Riau ketika melakukan rapat rapat percepatan integrasi jamkesda provinsi riau ke program jaminan kesehatan nasional (JKN) tahun 2015.

Kesepakatan itu lansung di tandatangani oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Pemda kabupaten dan kota.

Adapun isi dari kesepakatan tersebut yaitu menyatakan komitmen untuk pendataan masyarakat miskin "by name by address" serta persetujuan pemerintah kabupaten/kota bersama Pemerintah Provinsi Riau untuk integrasi Jamkesda ke BPJS Kesehatan di tahun 2015.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional II BPJS Kesehatan, Benjamin Saut, menyatakan, saat ini Pemerintah Riau sudah mendukung BPJS Kesehatan itu dan diiringi dengan sharing pendanaan bersama daerah kabupaten/kota.

Hanya saja, katanya, yang menjadi "PR" dalam pelaksanaan BPJS Kesehatan, terutama untuk tiga bulan kedepan adalah terkait dengan pendataan.

"Kita memang ingin setiap daerah melakukan revisi serta validasi data masyarakat yang akan menjadi peserta," katanya.

Untuk itu, dia mendorong agar setiap daerah dalam waktu yang cukup singkat ini untuk memperbarui data melalui pihak terkait yang dibantu dengan SK bupati atau walikota.

Dalam kegiatan rapat yang dilaksanakan tersebut, selain melibatkan sejumlah dinas terkait dalam pelaksanaan BPJS di Riau juga dihadiri Kementrian Kesehatan (Kemenkes) serta Dinkes dari provinsi Sumbar.