Toyota Siap Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015

id toyota siap, hadapi masyarakat, ekonomi asean 2015

Toyota Siap Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015

(Antarariau.com) - Agung Toyota, pada usianya yang ke-60 kini siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015 ditandai antara lain berubahnya logo perusahaan otomotif tersebut disamping melakukan terus berbagai persiapan untuk membangun perusahaan berdaya saing tinggi.

"Persaingan di masa datang tidak bisa dihindari sehingga semua lini perusahaan diperbaiki sehingga Toyota akan tetap siap jika sewaktu-waktu terjadi kompetisi," kata COO Agung Toyota, I Putu Rubike dalam keterangannya, di Pekanbaru, Sabtu malam.

Ia mengatakan itu terkait pada tahun 2015 Indonesia bersama dengan kesembilan negara ASEAN lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC). Kini Indonesia tengah berada pada arus perdagangan global sehingga para pelaku UKM bersiap dan berani bersaing dengan produk dari negara lain.

Masyarakat Ekonomi ASEAN akan memiliki sistem yang dapat memantau pergerakan barang dalam perjalanannya ke negara-negara ASEAN. Izin barang ekspor pun akan lebih cepat, yang akan menghemat waktu dan biaya ekspor.

Menurut I Putu, Toyota sudah menyiapkan diri jika terjadi kompetisi yakni mulai dari berubahnya logo, meningkatkan kegiatan pelatihan para pekerja berbasis semangat kekeluargaan untuk membangun daya saing tinggi itu.

"Strategi lainnya adalah mempersiapkan outlet di daerah kabupaten dan kota, membangun pusat-pusat pelatihan bagi SDM Toyota untuk menyiapkan tenaga yang siap memenuhi target yang dipatok pada 2018-2020 dengan pertumbuhan penjualan dari angka 1 juta perbulan menjadi 2 juta unit itu," katanya.

Chairman Agung Concern, H.M Bukti Panjaitan mengatakan, Toyota melatih SDM yang profesional agar bisa bersaing di tingkat global dengan landasan nilai-nilai integritas, saling menghormati, kerjasama kemitraan dan keberanian.

"Pengalaman 60 tahun, Toyota merupakan milestone yang berharga bagi perusahaan, lahir dari gagasan besar untuk turut memajukan bangsa dengan menjadi perusahaan global penyedia jasa transportasi dan produk transportasi yang utama dan terhormat. Untuk itu sebagai bentuk komitmen kami dalam menghadirkan layanan yang prima bagi para pelanggan, kami berupaya menyempurnakan keunggulan melalui inovasi,"katanya.

Disamping itu, masih dalam mendukung persiapan menghadapi MEA itu sekaligus dalam upaya antisipasi meningkatnya peran layanan transportasi dan peluang perdagangan dunia dan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, maka kelompok usaha Agung Concern telah menetapkan visi dan misinya menuju sebuah perusahaan global penyedia jasa dan produk transportasi utama yang dihormati melalui pemberian nilai tambah kepada para stakeholdernya.

Bahkan mulai tahun 2014, setelah re-branding, Agung Concern sebagai sebuah perusahaan induk membawahi 7 unit usaha Agung Toyota, Agung Freight, Agung Warehouse, Agung Rent, Agung Car Trans, Agung Line dan yang akan segera hadir Agung Autogalleria.

Sekaligus memperingati momentum hari jadinya yang ke-60, Agung Concern juga melakukan re-branding sebagai salah satu upaya penyegaran dan menyambut tantangan di tahun-tahun berikutnya. Kegiatan re-branding ini meliputi penegasan visi dan misi usaha, mempertajam nilai-nilai perusahaan dan positioning perusahaan, serta membangun struktur kelompok usaha yang lebih kokoh yang semuanya tercermin dalam identitas brand perusahaan yang baru.

Pada rangkaian kegiatan HUT Agung Concern di Provinsi Riau, Agung Toyota dan Agung Rent selaku salah satu bisnis unitnya mengadakan sejumlah kegiatan, seperti Promo Avanza Medeka, Toyota Super Bursa yang menyuguhkan promo penjualan menarik. Dan berbagai hadiah, hiburan pada acara Color Fun Run dan Color Fest. Acara ini akan diikuti oleh segenap karyawan dan keluarga Agung Concern, para pelanggan setia, rekanan Agung Toyota dan Agung Rent.

Orientasi Agung Concern tidak hanya bisnis semata, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi serta tanggung jawab sosial yang besar kepada masyarakat dan lingkungan. Agung Concern secara rutin telah menjalankan Program Agung Peduli yang meliputi, Agung Peduli Pendidikan, Agung Peduli Kemanusiaan dan Agung Peduli Lingkungan. Seperti CSR yang dilakukan Agung Toyota baru-baru ini, berupa Penyerahan Dana Bantuan Desa & Bantuan Pendidikan ke Desa Gema, Desa Kota Lama, Desa Tanjung Belit dan Desa Batu Sanggan, di Kabupaten Kampar. Bantuan Pembangunan Desa ini bertujuan untuk pengembangan Program Eco-wisata yang berwawasan lingkungan di Kabupaten Kampar.

Sejarah Toyota

CO logistik Toyota Samuel Sihaan, mengatakan perusahaan otomotif ini berdiri sejak tahun 1954 di Surabaya, perusahaan yang didirikan oleh pasangan (alm) bapak Samuel Pandjaitan dan ibu Ostina Emanuel Pandjaitan awalnya merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha perdagangan barang dan jasa yang sekaligus juga menjual kendaraan berbagai merek, salah satunya Toyota.

Seiring berjalannya waktu, Agung Concern kian berkembang dan semakin melebarkan kegiatan usahanya di bidang transportasi, kini memanfaatkan momentum ulang tahun ke 60 Agung Concern juga melakukan penyegaran dengan menghadirkan identitas perusahaan yang baru, yang juga dilakukan oleh bisnis unitnya seperti Agung Automall yang kini menjadi Agung Toyota dan Agung Rental menjadi Agung Rent.

Agung Concern didirikan pada tahun 1954. Sembilan tahun kemudian, tepatnya tahun 1963, PT Agung Raya didirikan. Pada saat itu PT Agung Raya bergerak di bidang jasa ekspedisi muatan kapal. Dengan modal pengalaman menjual produk Toyota sejak tahun 1972, Agung Concern dipercaya menjadi salah satu Authorized Main Dealer oleh Toyota-Astra Motor Indonesia tepatnya untuk wilayah Riau, Bali, Jambi, Bengkulu dan Kepulauan Riau secara bertahap.

Di tahun 1993, Agung Concern menambah bidang usaha penyewaan kendaraan dengan brand Agung Rent, guna menunjang pengiriman kendaraan dan logistic pada tahun 2005 - 2014 Agung Concern menambah bisnis unit perusahaan Agung Citra Transformasi dengan fokus bidang usaha mengiriman kendaraan dengan jalur darat dan Agung Transina Raya (ATIRA) dengan fokus usaha pengiriman kendaraan melalui jalur laut ditunjang oleh Kapal MW Ostina yang salah satu rute pelayarannya Jakarta – Tanjung Pinang – Batam - Dumai.