Gubernur Annas Minta Legislator Baru Dukung Pembangunan

id gubernur annas, minta legislator, baru dukung pembangunan

Gubernur Annas Minta Legislator Baru Dukung Pembangunan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Annas Maamun meminta sebanyak 65 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat periode 2014-2019 untuk mendukung pembangunan daerah yang sedang digagas pemerintah.

"Termasuk pemekaran daerah kabupaten dan kota, juga harus didukung untuk pemerataan," kata Annas kepada pers usai menghadiri acara pelantikan yang dilaksanakan di Gedung DPRD Riau di Pekanbaru, Sabtu siang.

Sebanyak 65 anggota DPRD Riau periode 2014-2019 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri 161.14-3566/2014 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Riau tahun 2014-2019.

Suparman yang merupakan legislator dari Partai Golongan Karya ditetapkan menjadi Ketua DPRD Riau sementara, dan Maamun Solikhin sebagai Wakil Ketua DPRD Riau sementara.

"Saya berharap kepada anggota dewan yang baru bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam menyukseskan berbagai program pembangunan," katanya.

Menurut dia, dukungan dari kalangan legislator dalam melaksanakan berbagai program kerja sangat dibutuhkan, sehingga apa yang menjadi prioritas pembangunan yang tujuannya ingin mensejahterakan rakyat bisa terlaksana dengan baik.

Wakil masyarakat menurut Annas tidak hanya mempunyai fungsi sebagai pengontrol pemerintah, tapi juga sebagai bagian dari pemerintah dalam menyukseskan berbagai program pembangunan.

"Maka saya mengajak anggota DPRD untuk bersama-sama membangun Riau dan seluruh kabupaten/kota yang ada," kata dia.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi dalam amanatnya menyampaikan bahwa pelantikan legislator itu telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Legislator sesuai dengan undang-undang tersebut memiliki tiga fungsi mulai dari legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

Fungsi legislasi merujuk pada ketentuan pembentukan produk peraturan daerah bersama dengan kepala daerah. (Advertorial)