Calon Haji Dumai Masuk Kloter Enam Batam

id calon haji, dumai masuk, kloter enam batam

Calon Haji Dumai Masuk Kloter Enam Batam

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Calon jamaah haji Kota Dumai, Riau, masuk kelompok terbang (kloter) enam Embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau, untuk diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada 6 September 2014

"Calon haji akan diberangkatkan ke Batam melalui pelabuhan penumpang Dumai dengan menggunakan kapal feri dan selanjutnya pada 6 Septembern meninggalkan Tanah Air menuju Medinah," kata Kepala Kementerian Agama Kota Dumai Riau H Darawi kepada pers di Dumai, Selasa.

Sebelum memulai perjalanan suci ini, lanjutnya, seluruh jamaah yang berjumlah 299 orang ini akan dilakukan pelepasan secara resmi olekpimpnan daerag dengan prosesi adat istiadat.

Dia menyebutkan, perjalanan jamaah calon tamu Allah SWT ini menuju Pelabuhan Sekupang, Kota Batam akan menggunakan kapal feri yang telah dicarter pemerintah daerah setempat.

"Pembiayaan angkutan transportasi lau ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah sebagai dukungan dalam penyelenggaraan musim haji tahun ini," terangnya.

Para calon haji Dumai, sebutnya, saat ini masih menjalani kegiatan pelatihan manasik haji tingkat kota yang diselenggarakan Kementrian Agama setempat, bertempat di salah satu fasilitas lapangan di komplek perumahan karyawan PT Pertamina RU II.

Selanjutnya, calon jamaah akan menjalani tes pemeriksaan kesehatan dan disuntik vaksinasi meningitis untuk memastikan kondisi fisik peserta haji ini siap dan tidak bermasalah dengan penyakit.

"Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan calon jemaah dijadwalkan 24 Agustus depan, dan ini merupakan tahapan yang wajib untuk diikuti, dengan dibantu petugas medis dari instansi kesehatan serta pihak rumah sakit umum setempat," ungkapnya.

Ia berharap calon haji yang akan beribadah di Mekkah dapat menjalankan semua tahapan dengan baik, dan menjaga kesehatan supaya mampu menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah sesuai syariat.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Dumai Faisal mengatakan, selain diberi vaksin, seluruh calon haji akan dilakukan tes jantung, kehamilan serta tes penyakit lainnya untuk kepastian kondisi sehat.

"Calon jamaah yang sedang hamil tidak dibenarkan menunaikan ibadah haji sesuai ketentuan yang ada, dan tes kesehatan serta vaksin berguna untuk memastikan kondisi sehat selama menjalankan haji dengan baik dan benar," ungkapnya.