Unri terima sertifikat JDIH terintegrasi tahun 2024, apa itu?

id Unri

Unri terima sertifikat JDIH terintegrasi tahun 2024, apa itu?

Perwakilan Unri saat menerima penghargaan di Jakarta. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) menerima sertifikat sebagai anggota jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional yang terintegrasi dengan portal JDIHN.go.id Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang diterima Dr Agus Sutikno SP MSi selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan dari Prof Dr Widodo Ekatjahjanaselaku Kepala Badan Pembina Hukum Nasional (BPHN), di Jakarta, Kamis (22/8).

Kepala JDIHNJonnyPesta Simamora pada sambutannya mengatakan pembentukan JDIHN adalah salah satunya untuk menyediakan dokumen hukum yang lengkap, akurat, mudah dan cepat diakses oleh publik

Selain itu, JDIHN ini juga telah mengubah cara birokrasi pemerintah bekerja yang awalnya berbasis konvensional atau manual menjadi berbasis internet yang dapat mempermudah akses penyebaran informasi kepada masyarakat. Tak hanya itu, JDIHN juga berfungsi sebagai pusat dokumen dan informasi hukum serta sebagai sarana meningkatkan literasi dan kepatuhan hukum.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAN Supratman Andi Agtaspada sambutannya menyebutkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 (Indonesia Emas 2045), Pemerintah memiliki agenda memantapkan supremasi hukum, stabilitas dan kepemimpinan Indonesia.

Supremasi hukum mencakup pembaharuan substansi hukum, pengembangan budaya hukum dan transformasi kelembagaan hukum yang mengedepankan keseimbangan antara kepastian, keadilan, kemanfaatan dan perdamaian berlandaskan Pancasila dalam negara hukum terdapat tiga prinsip dasar yang wajib diterapkan, yaitu supremasi hukum (Supremacy of Law), kesetaraan di hadapan hukum (Equality Before The Law), dan penegakan hukum dengan cara yang tidak bertentangan dengan hukum (Due Process Of Law).

Di sisi lain, Dr Agus Sutiknokesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Kemenkumhamlewat JDIHN atas pemberian sertifikat ini. ‘’terima kasih atas pemberian sertifikat ini kepada Unri. Hal ini menandakan Unri secara lembaga akan berkolaborasi dan bersinergi dengan lembaga pemerintah, dalam hal ini adalah Kemenkumham, tutur

Agus Sutikno