Kemenkes RI apresiasi "Melesat" Pemkab Siak terjunkan dokter spesialis

id Pemkab Siak,Program Melesat,dokter spesialis

Kemenkes RI apresiasi "Melesat" Pemkab Siak terjunkan dokter spesialis

Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat (Takelmas) Kementerian Kesehatan RI, dr Then Suyanti, MM. ANTARA/HO-Humas Pemkab Siak

Pekanbaru (ANTARA) - Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat (Takelmas) Kementerian Kesehatan RIThen Suyanti mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Siak yang menerjunkan 11 dokter spesialis per minggu untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat di desa melalui program Siak Melayani Kesehatan Masyarakat (Melesat).

"Saya rasa baru di Siak ada program setiap minggu bupati membawa 11 dokter spesialis turun ke desa-desa untuk mengecek langsung kesehatan warga. Di daerah lain memang ada, namun tidak sampai sebelas orang seperti di Siak," kataThen Suyantipada peluncuran program Integrasi Layanan Primer (ILP), pada puskesmas, puskesmas pembantu (pustu) dan posyandu se-Kabupaten Siak, di Kecamatan Koto Gasib, Siak, Riau, Minggu.

Peluncuran ILPbersamaan dengan program Melesat dipimpin Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Rozi Chandra.

Menurut Then Suyanti, melalui Program Melesat ini Pemerintah Kabupaten Siak mampu meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat.

Suyanti juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Siak yang meluncurkan 15 puskesmas untuk Integrasi Layanan Primer (ILP).

"ILP ini sangat berdampak baik bagi masyarakat, sehingga masyarakat bisa terlayani 100 persen. Apalagi, posyandu, pustu, puskesmas terintegrasi atau layanan kesehatan masyarakat tidak terputus, karena semuanya berstandar dan didukung sarana prasarana serta alat kesehatan yang baik," katanya.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Rozi Chandrayang mewakili Bupati Siak Alfedrimengatakan kegiatan Siak Melesat ini sebagai upaya daerah itu untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga setempat.

"Selain mengecek kesehatan masyarakat, juga bisa berkonsultasi serta berobat langsung dengan 11 dokter spesialis itu. Sedangkan Siak tercatat sebagai daerah ke-82 peluncuran ILPdari 514 kabupaten/kota se-Indonesia," katanya.