Riau Targetkan Populasi Sapi Capai 1,75 Juta

id riau targetkan populasi sapi capai 175 juta

 Riau Targetkan Populasi Sapi Capai 1,75 Juta

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau menargetkan populasi sapi di berbagai daerah kabupaten/kota mencapai lebih 1,75 juta ekor dan cita-cita swasembada daging dapat terlaksana.

"Dan jika itu tercapai, bukan tidak mungkin Riau juga akan menjadi daerah penghasil sapi terbesar di Indonesia," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau, Zailani Arif Syah kepada pers lewat pesan elektronik yang diterima, Senin.

Menurut dia, tingginya cita-cita itu didukung dengan besarnya potensi perkebunan di Riau yang nantinya akan mendukung dalam penyediaan pakan bagi ternak sapi.

Bahkan, lanjut kata dia, saat ini luas perkebunan di Riau mencapai 2,37 juta hektare belum ditambah lagi potensi produksi sampingan industri sagu di beberapa daerah kabupaten seperti Kepulauan Meranti yang begitu menjanjikan.

Menurut dia, dengan luas lahan perkebunan sebesar itu, maka diperkirakan bisa memberikan pakan terhadap lebih dari 1,75 juta ekor sapi setiap tahunnya.

"Palagi kalau ditambah dengan potensi produksi sampingan industri sagu, maka jumlah sapi yang bisa diberi pakan menjadi 2,1 juta ekor," katanya.

Kondisi tersebut menurut dia sudah dapat dijadikan tolok ukur untuk ke depan Riau akan mampu memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat.

"Saat ini kami juga telah melakukan pemetaan untuk pengembangan ternak sapi tersebut. Beberapa daerah yang telah mulai menjalankan program peternakan sapi adalah Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, dan Indragiri Hilir serta Kampar," katanya.