Pertamina Tanam 5.000 Mangrove di Pantai Dumai

id pertamina tanam, 5000 mangrove, di pantai dumai

Pertamina Tanam 5.000 Mangrove di Pantai Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - PT Pertamina RU II Dumai menanam sebanyak 5.000 batang mangrove di sepanjang pesisir pantai di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat.

General Affair Manager Pertamina RU II Dumai Yefrizon, Rabu menjelaskan penanaman ribuan batang tumbuhan penahan abrasi itu bertujuan untuk menjaga daratan pantai supaya tidak tergerus akibat dorongan ombak lautan.

"Program ini akan berkelanjutan. Tidak hanya pada pelestarian lingkungan dan menjaga keanekaragaman hayati. Tapi juga akan dibudidayakan, sehingga bernilai ekonomis bagi masyarakat," katanya di Dumai, Rabu.

Diakuinya, bibit mangrove yang ditanam merupakan kualitas terbaik agar hasil dari pembudidayaan mutlak sepenuhnya untuk masyarakat sekitar.

Kegiatan penanaman mangrove merupakan bantuan perusahaan yang sudah tertuang dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bidang lingkungan sebagai komitmen dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan serta keanekaragaman hayati, ujarnya.

"Melihat kondisi pesisir pantai di wilayah Dumai sejauh ini, diakuinya, bahwa perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi (migas) sangat prihatin karena sudah mengikis daratan sekitar," kata Yefrizon.

Penanaman ribuan mangrove ini, lanjutnya, bekerja sama dengan komunitas pelajar, mahasiswa dan organisasi penggiat lingkungan setempat.

Wali Kota Dumai Khairul Anwar mengapresiasi kepeduliaan perusahaan yang ikut peduli dalam upaya menjaga dan melestarikan daratan dan pantai.

Dia berharap penanaman mangrove ini dapat memotivasi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama dan menggugah kesadaran masyarakat sekitar dalam upaya melesetarikan lingkungan dan habitat di perairan.

"Menjaga lingkungan sangat penting bagi kita agar kehidupan di daratan dan perairan terus berlangsung dengan baik. Semoga mangrove yang ditanam ini dapat tumbuh dan mampu menyelamatkan pantai dari abrasi," harapnya.