Politik kemarin, dari aksi damai di depan MK hingga perpindahan ASN ke IKN

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, aksi damai

Politik kemarin, dari aksi damai di depan MK hingga perpindahan ASN ke IKN

Calon Presiden Prabowo Subianto (kiri) bersama Dewan Pembina Tim Kampanye Nasional (TKN) Khofifah Indar Parawansa (kanan) di dalam salah satu kesempatan. (ANTARA/HO-TKD Jawa Timur/am.)

Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik yang berkaitan dengan isu politik terjadi sepanjang Jumat (19/4).

Dari mulai imbauan tidak lakukan aksi di depan MK oleh Prabowo Subianto hingga pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN).

Berikut berita menarik yang telah dirangkum tim ANTARA.

1. Prabowo imbau pendukung tak lakukan aksi damai di MK

Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden Indonesia Prabowo Subianto mengimbau pendukungnya untuk tidak melakukan aksi damai di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) demi menjaga kondusifitas bangsa.

“Saya, Prabowo Subianto meminta dengan sungguh-sungguh kepada masyarakat Indonesia, khususnya 96,2 juta rakyat Indonesia yang telah memilih pasangan Prabowo-Gibran, untuk tidak melakukan aksi apa pun di depan Gedung MK atau pun di tempat-tempat lain demi menjaga kesejukan demokrasi, menjaga persatuan dan keutuhan bangsa,” kata Prabowo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca di sini

2. Ramlan Surbakti sebut pemilu tidak bisa dinilai hanya dari hasil akhir

Jakarta (ANTARA) - Mantan Ketua KPU RI periode 2004—2007 Ramlan Surbakti mengatakan bahwa penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) tidak bisa dinilai hanya dari hasil akhirnya saja karena bisa bertentangan dengan hakikat pemilu sebagai salah satu unsur demokrasi.

Dia mengatakan bahwa pemilu melibatkan jutaan orang warga negara dan menghabiskan anggaran yang besar, sehingga pemilu tidak bisa dinilai dari hasilnya saja, melainkan juga prosesnya

Baca di sini

3. Farhan: Makan siang gratis perlu dipercepat atasi dampak geopolitik

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan menilai realisasi program makan siang gratis perlu dipercepat guna mengantisipasi untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat yang berpotensi terdampak konflik geopolitik di Timur Tengah.

Dia mengatakan ada dua sektor ekonomi yang akan terdampak langsung akibat ketegangan di Timur Tengah, yakni impor minyak dari Timur Tengah dan Afrika, serta ekspor komoditas Indonesia ke Timur Tengah dan Afrika.

Baca di sini

4. Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024

Surabaya (ANTARA) - Dewan Pembina Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Khofifah Indar Parawansa, optimistis putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) tak mengubah hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Insyaallah setelah putusan MK ini, semuanya berjalan kondusif karena, sesuai hasil hitung KPU RI menangnya signifikan. Insya Allah seiring izin dari Allah, Pak Prabowo menang," kata Khofifah dalam keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Jumat.

Baca di sini

5. Pemindahan ASN ke IKN dilakukan bertahap hingga 2029

Samarinda (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dilakukan secara bertahap mulai tahun ini hingga 2029 melalui tiga prioritas.

"Pemindahan ASN dilakukan secara bersama-sama semua kementerian dengan tiga prioritas. Bukan kementerian tertentu yang pindah lebih dulu, tapi semua kementerian pindah bertahap," ujar Menpan RB dalam rilis Humas Otorita IKN yang diterima di Samarinda, Jumat.

Baca di sini