Golkar Dominasi Perolehan Suara DPRD Pekanbaru

id golkar dominasi, perolehan suara, dprd pekanbaru

Golkar Dominasi Perolehan Suara DPRD Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil mendominasi perolehan suara pada lima daerah pemilihan calon anggota legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru periode 2014-2019.

Berdasarkan hasil rapat pleno KPU Kota Pekanbaru, Selasa, pada dapil 1 yang terdiri dari Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Limapuluh dan Kecamatan Senapelan, Partai Golkar meraih total 9.633 suara.

Suara tertinggi pada dapil tersebut diraih calon anggota legislatif nomor urut 1 atas nama Roni Amriel dengan perolehan 2.934 suara. Dengan demikian suara partai politik itu, akan mengalir ke Roni dan berpotensi mendapatkan kursi.

Perkiraan tersebut berdasarkan rumus perolehan kursi yakni jumlah suara sah dibagi jatah kursi DPRD Kota Pekanbaru yang rata-rata angkanya sekitar 7.000 lebih suara untuk satu kursi.

Selanjutnya di dapil 2 yang terdiri dari Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir, partai belambang pohon beringin itu maraup 10.654 suara. Caleg yang mendapat suara tertinggi nomor urut 1 atas nama Masny Ernawati dengan total 4.216 suara.

Kemudian pada dapil 3 yang meliputi Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya, Golkar kembali mendulang 8.853 suara dengan perolehan tertinggi caleg nomor urut 1 bernama Sahril.

Pada dapil 4 yang terdiri dari Kecamatan Bukit Raya dan Marpoyan Damai, jumlah suara Partai Golkar sebanyak 15.838 suara. Di dapil itu suara tertinggi diraih oleh caleg nomor urut 3 atas nama Tarmizi Muhammad.

Diperkirakan dengan jumlah suara partai yang besar, Golkar bisa mendapatkan dua kursi. Pertama diraih Tarmizi dan kursi kedua pengumpul suara terbanyak yakni nomor urut 5 bernama Herwan Nasri.

Terakhir pada dapil 5 yang didalamnya terdapat Kecamatan Tampan dan Kecamatan Payung Sekaki, dimana Golkar meraih 16.510 suara. Suara terbanyak dimiliki caleg dengan nomor urut 1 atas nama Yose Saputra dengan raihan 4.007 suara.

Jumlah suara yang banyak, membuat Golkar berpotensi meraih dua kursi. Untuk dapil 5 sendiri, harga satu kursi 7.775 suara. Dengan demikian peraih suara terbanyak kedua caleg nomor urut 5 bernama Ida Yulita Susanti diperkirakan akan mendapatkan satu kursi.