Orasi di Pekanbaru, Mahfud MD janjikan berantas mafia sawit kebal hukum

id Mahfud MD, Cawapres, Riau

Orasi di Pekanbaru, Mahfud MD janjikan berantas mafia sawit kebal hukum

Cawapres Mahfud MD saat kampanye di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Calon Wakil Presiden nomor urut 03 Mahfud MD dalam orasi politiknya di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, berjanji akan memberantas mafia sawit yang diduga kebal hukum karena dibekingi aparat yang berkuasa.

Menurutnya, keberadaan mafia ini membuat ketimpangan ekonomi dan sosial di tengah masyarakat sehingga meningkatkan angka kemiskinan di Provinsi Riau.

"Ada ketimpangan kepemilikan sawit, ada lahan sawit yang dicaplok swasta, ada lahan sawit yang dikolusikan bersama aparat sehingga mafia-mafia kebal ini hukum. Ini harus diobati baik aparat yang membekingi di pusat dan di daerah," kata MahfudMDyang juga menjabat sebagai Menko Polhukam RI itu, Senin.

Dia menyebutkan Provinsi Riau memiliki kekayaan alam yang berlimpah diantaranya kepemilikan lahan sawit seluas tiga juta hektare. Jika potensi SDA ini dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat maka bisa mengentaskan angka kemiskinan.

"Di Riau kita punya tiga juta hektare sawit ini kalau dimanfaatkan untuk kehidupan rakyat maka kemiskinan akan jauh berkurang," ucapnya.

Jika Ganjar-Mahfud MD terpilih memenangkan kontestasi politik nantinya maka mafia sawit nakal ini akan ditindak tegas.

"Mengapa kita perlu penegakan hukum dan keadilan jawabannya selama ini hukum tumpul, korupsi merajarela, sehingga perlu penyembuhan tata pimpinan lebih bersih dan bermartabat," kata dia.

Selain itu, Mahfud MD juga menjanjikan perbaikan infrastruktur jalan di Riau hingga ke perdesaan. Di hadapan pendukungnya, dia juga menjanjikan internet gratis di tempat publik untuk masyarakat dan anak sekolah.