Kapolsek Bukit Batu susuri sungai sosialisasikan pemilu damai ke warga pesisir

id polsek bukit batu,kapolsek bukit batu,kecamatan bukit batu,kabupaten bengkalis,pemilu damai

Kapolsek Bukit Batu susuri sungai sosialisasikan pemilu damai ke warga pesisir

Kapolsek Bukit Batu AKP Rifendi bersama Babinkamtibmas menyusuri sungai Bukit Batu dalam rangka sosialisasi pemilu damai kepada masyarakat pesisir yang ada di Dusun Bukit Batu laut. (ANTARA/HO-Diskominfotik)

Bengkalis (ANTARA) - Dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024, Kapolsek beserta jajarannya terus menggalakkan sosialisasi pemilu damai ke tengah masyarakat pesisir yang ada di Dusun Bukit Batu Laut Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Jumat (23/12).

Dusun Bukit Batu laut merupakan dusun yang masuk dalam wilayah Desa Bukit Batu, dahulunya Desa Bukit Batu hanya didiami oleh minoritas masyarakat Melayu yang menetap di daerah-daerah kawasan pesisir pantai dan sepanjang aliran sungai Bukit Batu, yang sekarang lokasinya berada dalam kawasan Dusun Bukit Batu Laut.

Untuk mencapai ke dusun tersebut, Kapolsek bersama Babinkambtibmas harus menyusuri sungai menggunakan sampan sebagai sarana penyeberangan yang sudah digunakan masyarakat sejak kampung tersebut ada, untuk menaiki sampan tersebut harus menuruni tangga kayu yang ada di tepian sungai tersebut.

Dusun Bukit Batu Laut juga terkenal dengan hasil tenun kain yang sudah terkenal berasal dalam Kampung Tenun yang ada di daerah tersebut yang memiliki jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 830 pemilih.

"Kedatangan kami ke dusun ini tentunya dalam rangka mensosialisasikan pemilu damai dan masyarakat yang ada di dusun ini dapat memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 nanti," kata Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek jua berharap kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dan apa bila ada warga yang belum terdata hendaknya segera melaporkan kepada Kepala Desa agar dapat masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Kalau ada warga yang belum masuk dalam DPTb segera laporkan kepada Kades," pinta Kapolsek.

Selain menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga ketertiban dalam proses pemilu, Kapolsek juga memberikan pemahaman mengenai prosedur pemilihan dan hak-hak dalam pemilihan umum kepada masyarakat dalam menyongsong proses pemilu dengan penuh kesadaran akan perannya sebagai bagian dari demokrasi.

"Kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat, bukan hanya memberikan sosialisasi, namun juga untuk membangun kepercayaan dan memperkuat ikatan antara kepolisian dengan masyarakat pesisir," kata mantan Kasat Sabara Polres Bengkalis ini.