Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dukung hilirisasi sektor pangan di Gorontalo

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, hilirisasi

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dukung hilirisasi sektor pangan di Gorontalo

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad diwawancarai setelah menghadiri Welcome Dinner World Coconut Day 2023 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Gorontalo, Jumat (22/9/2023) malam. (ANTARA/HO-MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendukung hilirisasi sektor pangan di Provinsi Gorontalo sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, terutama hilirisasi komoditas nonmineral berbasis pangan.

"Saya melihat, Gorontalo arahnya sudah tepat mengarah ke sana. Dan ini terbukti Gorontalo dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang internasional World Coconut Day 2023," ujar Fadel usai menghadiri undangan Welcome Dinner World Coconut Day 2023 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Gorontalo, Jumat (22/9) malam.

Fadel mengungkapkan bahwa keberanian Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo untuk menerima dan melaksanakan menjadi tuan rumah acara berskala global tersebut, merupakan langkah besar bukan hanya buat dirinya dan Kabupaten Gorontalo, tetapi juga untuk Indonesia.

"Sebagai Pimpinan MPR, sekali lagi saya mengapresiasi Pak Bupati dan jajarannya. Semoga setelah kegiatan besar ini berdampak baik khususnya buat rakyat Gorontalo dan secara luas untuk seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi dari seorang tokoh daerah dan tokoh nasional Fadel Muhammad.

"Dukungan dan kepercayaan Pak Fadel Muhammad dan seluruh masyarakat Gorontalo, akan kami pegang teguh. Harapan mereka akan kami berupaya wujudkan," imbuhnya.

Nelson menegaskan bahwa kegiatan akbar internasional ini bukan hura-hura, tetapi arah dan tujuan produktifitas yang ingin dicapai sangat jelas, yakni memperkenalkan komoditas agribisnis di pasar global, dan membuat jaringan investasi.

"Salah satu agenda kegiatan ada business meeting. Di sini target Rp1 triliun masuk ke Gorontalo," tambahnya.

Selanjutnya adalah, akan melahirkan roadmap atau peta jalan yang kaitannya dengan pengembangan komoditas kelapa di seluruh Indonesia bukan hanya di Gorontalo. Kemudian, sirkulasi ekonomi terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan berkembang dengan baik.

"Terkait hilirisasi pangan yang sedang dicanangkan pemerintah pusat, kami juga mengarah ke sana. Jadi, kegiatan ini bukan hanya menanam, tetapi bagaimana mengurus hilirnya. Pada akhirnya, pascakegiatan ini ke depan kita akan mengejar pertumbuhan ekonomi sekaligus konservasi ekologi," katanya.

Baca juga: Bahlil: Pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik (EV) tunjukkan komitmen hilirisasi

Baca juga: Kemenkop UKM bahas penguatan digitalisasi dan hilirisasi koperasi pertanian di ASEAN