Pj Bupati Kampar hadiri Rakernas XV dan APKASI Otonomi Expo 2023

id APKASI,Pemkab kampar

Pj Bupati Kampar hadiri Rakernas XV dan APKASI Otonomi Expo 2023

Pj Bupati Kampar saat menghadiri Rakernas XV. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus menghadiri Rakernas XV tahun 2023 dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia

(APKASI) otonomi expo 2023 yang dibuka oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin di Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (19/7).

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus menyampaikan beberapa hal seperti PemkabKampar dan Forkopimda agar dapat menjalankan pemilihan serentak dengan aman dan lancar.

Mengenai APKASI otonomi Expo 2023, ia menjelaskan dengan adanya kegiatan ini sebagaimana pesan Wakil Presiden dan Kementerian Dalam Negeri agar kepada Kepala Daerah untuk memperkenalkan produk unggulan masing-masing kabupaten /Kota dengan adanya business matching peluang untuk perdagangan komoditas unggulan maupun investasi yang akan masuk di daerahnya..

"Kita siap menyukseskan Program-program pemerintah pusat, bahkan Kampar terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari berbagai sisi dengan program-program yang telah kita tetapkan maupun yang akan kita lakukan," tutup Firdaus.

Dalam pembukaan Rakernas XV tahun 2023 dan APKASI otonomi Expo 2023, Wakil Presiden KHMa'ruf Amin menyampaikan guna mewujudkan otonomi daerah yang bermanfaat bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten diharapkan dapat terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif, baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan dapat terwujud,.

Wapres juga meminta Pemerintah Kabupaten agar terus mendorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya baik dari hulu ke hilir secara terpadu serta memperkuat peluang di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Terkait APKASI Otonomi Expo, Wapres memberikan arahan kepada para pemimpin daerah agar ajang ini dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata, komoditas, dan investasi unggulan daerah, tidak terkecuali produk dan jasa halal, seperti makanan dan minuman, fesyen, farmasi, kosmetik dan wisata halal.

Banyak kabupaten yang memiliki potensi wisata yang layak dikembangkan untuk menarik investor, menumbuhkan ekonomi kreatif, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan penghasilan warga setempat, sekaligus melestarikan budaya lokal.

Selain itu, wisata halal juga layak untuk dikembangkan mengingat jumlah wisatawan muslim dunia terus melonjak, hingga mencapai 110 juta wisatawan pada tahun 2022. (infotorial)