Kadin Inhil komit majukan perekonomian melalui pengembangan UMKM

id Kadin Inhil, Kadin Riau,Edy Indra Kesuma,Masuri

Kadin Inhil komit majukan perekonomian melalui pengembangan UMKM

Edy Indra Kesuma saat menerima bendera petaka dari Ketua Kadin Riau Masuri. (ANTARA/HO-Kadin Inhil)

Tembilahan (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir, komitmen akan menjalin sinergi dan koordinasi dengan seluruh elemen untuk membantu membangun Inhil terutama di bidang ekonomi.

Ketua Kadin Inhil Edy Indra Kesuma mengatakan, UMKM memiliki peran penting dalam mendorong peningkatan ekonomi suatu daerah, untuk itu kedepannya Kadin Inhil akan berfokus pada pengembangan UMKM agar terus bertumbuh dan berdaya saing.

“Mulai hari ini dan ke depan, kami akan terus berjuang untuk peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui UMKM," ucap Edy Indra Kesuma usai dilantik sebagai Ketua Kadin Inhil periode 2023-2028, Senin lalu.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Junaidy yang turut hadir kala itu menyampaikan agar Kadin Inhil dapat melakukan berbagai langkah dalam upaya meningkatkan potensi-potensi perekonomian daerah, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Kadin merupakan mitra strategis Pemerintah, khususnya dalam rangka mengembangkan dan memajukan perekonomian di daerah," ujar Junaidy.

Senada dengan itu, Ketum Kadin Riau Masuri berharap kepengurusan Kadin Inhil yang baru dilantik dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya, sehingga berbagai potensi yang ada di daerah bisa digali secara maksimal.

"Yang harus menjadi perhatian bersama, bagaimana menciptakan ekonomi baru, sehingga bisa menjadi icon atau brand dari Inhil yang berjuluk Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia ini dan menjadi salah satu unggulan di Provinsi Riau," kata Masuri.

Karenanya, lanjut mantan Ketua Kadin Kabupaten Bengkalis ini, jajaran pengurus Kadin Inhil diharapkan mampu memberikan bimbingan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Di Kadin, ada Program Bersama Kadin Melahirkan UMKM yang Handal dan Tangguh. Jadi, Kadin harus menjadi Bank Data UMKM, sehingga bisa diketahui mana UMKM yang perlu penanganan serius, membutuhkan pendampingan atau yang ingin menaikan statusnya," terang Masuri.

Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Inhil, masa bakti 2023-2028 resmi dilantik pada Senin sore (24/7).

Prosesi pelantikan pengurus Kadin Inhil yang dinakhodai oleh Edy Indra Kesuma ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Kadin Provinsi Riau, Masuri.