Sekjen Kemenkumham: Kenali tugas dan lakukan pengawasan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kemenkumham

Sekjen Kemenkumham: Kenali tugas  dan lakukan pengawasan

Rapat Koordinasi Pengendalian Dukungan Manajelen tahun 2023, Sekjen Kemenkumham: Kenali tugas, pahami, implementasikan perencanaan yang matang dan lakukan pengawasan (ANTARA/HO-Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Andap Budhi Revianto membuka secara resmi Kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Program Dukungan Manajemen Tahun 2023 dengan tema “Kemenkumham Semakin Berkualitas Menuju Indonesia Maju”, Senin (17/7).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu bersama dengan Kepala Divisi Administrasi, Johan Manurung, mengikuti kegiatan secara langsung dari Ballroom Hotel Grand Mercure Harmoni bersama pejabat tinggi lainnya, sementara Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Eko Putranto bersama dengan para pejabat struktural dan jajaran mengikuti giat secara daring melalui zoom meeting dari ruang rapat Kakanwil Kemenkumham Riau.

Pada kesempatan ini diserahkan penghargaan atas capaian kinerja Kantor Wilayah dengan tiga kategori yaitu; Pengamanan Barang Milik Negara terbaik, Pengelolaan Barang Milik Negara terbaik serta Kinerja anggaran terbaik.

Sekjen mengawali arahan dengan menerangkan mengenai teori fishbone yang merupakan sebuah langkah dalam mengindetifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau masalah dan menganilisis masalah tersebut. “Teman-teman implementasikan teori ini dalam pelaksanaan tugas sehari-hari agar dapat membuat rumusan strategi sehingga kinerja organisasi semakin efektif dan efisien,” sebut Andap.

Lebih lanjut beliau juga memberikan arahan dalam meningkatkan sistem pengendalian manajemen. “Dalam meningkatkan sistem pengendalian manajemen perlu diperhatikan proses, fokus utama, unsur penting, kegiatan dan ruang lingkup. Pengendalian harus dimulai dari perencanaan yang matang, dengan mekanisme pelaksanaan yang mengandung tiga indikator penting yaitu, key performance indicator yang merupakan ukuran performa dalam membuat target lebih terukur, 3 generic competitive strategy, serta ingat bahwa sesuatu yang tidak bisa diukur tidak bisa dikendalikan,” papar Sekretaris Jenderal.

Beliau juga menegaskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memenuhi aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan serta Inovasi yang memudahkan layanan. “Kenali tugas Saudara, pahami, impelementasikan perencanaan, lakukan pengawasan secara berkala agar tugas dan fungsi berjalan efektif dan efisien,” sebutnya.

Dengan pelaksanaan Rakor Pengendalian Dukungan Manajemen diharapkan dapat terbangun budaya kerja yang berorientasi kinerja organisasi berintegritas, efektif, efisien sehingga Kemenkumham semakin berkualitas menuju Indonesia Maju.