Jelang Idul Adha harga bahan pokok naik, tembus Rp48 ribu per kg di Siak

id idul adha riau,berita riau,kpk riau,harga ayam riau,harga daging riau

Jelang Idul Adha harga bahan pokok naik, tembus Rp48 ribu per kg di Siak

Arsip Foto - Pedagang daging ayam beraktivitas di lapak jualannya, Pasar Sei Kambing. (ANTARA/Michael Siahaan)

Pekanbaru (ANTARA) - Sepekan menjelang hari raya Idul Adha 2023, sejumlah komoditas bahan pokok di Riau alami kenaikan di sejumlah daerah seperti Pekanbaru, khususnya Siak bahkan harga ayam ras tembuh Rp48 ribu per kilogram.

"Harga sembako menjelang Idhul Adha memang mengalami kenaikan. Bahkan sejumlah bapok ada yang mengalami kenaikan dari bulan lalu," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Riau Taufik OH, Kamis (22/6/23).

Menurut Taufik, kenaikan bapok tersebut berkaitan dengan pakan yang otomatis menyebabkan kenaikan harga jual ayam.

Seperti di Siak rata-rata penjualan ayam per kilonya tembus Rp48 ribu per kilogram (Kg). Kemudian di Rokan Hilir daging ayam dijual di kisaran Rp42 ribu per kg.

"Sementara hanya di Pekanbaru daging ayam dijual agak murah rata-rata di kisaran Rp31 ribu per kg,"katanya.

"Kenaikan disebabkan harga pakan. Sehingga berdampak pada penjualan daging ayam," jelas Taufik.

Kenaikan pakan ayam ini juga otomatis berdampak pada penjualan telur ayam ras. Kuantan Singingi misalnya, telur ayam ras dijual Rp31 ribu per kg.

Sementara di Siak telur ayam ras dijual Rp27 ribu per kg. Sedangkan di Pekanbaru dijual rata-rata di kisaran Rp29 ribu per kg.

"90 persen pasokan telur ayam ras di Riau berasal dari Sumatera Barat, khususnya Payakumbuh. Kenaikan sama karena imbas kenaikan harga pakan," ujar Taufik.

Komoditas lainnya yang juga mengalami kenaikan seperti bawang merah dan bawang putih. Alasan naiknya kedua komoditas yang banyak disuplai dari Jawa Barat dan Sumatera Barat ini karena kenaikan modal produsen di masing-masing daerah terkait.

Penjualan bawang merah tertinggi di Riau ada di Pelalawan dijual Rp40 per kg. Indragiri Hilir Rp28 ribu per kg. Bawang putih di Pelalawan juga penjualan harga tertinggi dengan harga Rp48 ribu per/kg. Sedangkan di Pekanbaru Rp34 ribu per/kg.

Sementara untuk penjualan gas elpiji, khususnya 3 kg, sampai sekarang tidak ada kendala pendistribusian.