Haji Riau - Subani Firdaus Samad Thaha meninggal di Mekkah

id Kemenag Riau,JCH,Riau,Subani Firdaus Samad Thaha,meninggal,KKHI Mekkah,Haji riau, calon haji wafat

Haji Riau - Subani Firdaus Samad Thaha meninggal di Mekkah

Jamaah calon haji (JCH) Provinsi Riau yang tergabung dalam embarkasi Batam (BTH–08) asal Kota Pekanbaru,  Subani Firdaus Samad Thaha meninggal dunia, Jumat (16/6) menjelang Subuh di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/HO-Kemenag Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Salah seorang calon haji Provinsi Riau yang tergabung dalam embarkasi Batam (BTH–08) asal Kota Pekanbaru, Subani Firdaus Samad Thaha meninggal dunia, pada Jumat (16/6) menjelang Subuh di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, Arab Saudi.

"Jamaah calon haji asal Riau dengan nomor porsi 0400084499 atas nama Subani Firdaus Samad Thahaitu memiliki riwayat penyakit jantung," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin MA yang saat ini juga sedang berada di Kota Mekkah seperti disampaikan Humas Kemenag Riau, Ana, di Pekanbaru, Jumat.

Ia menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya JCHtersebut. "Atas nama pribadi serta PPIH Embarkasi Haji Antara Riau, kami menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Subani Firdaus Samad Thaha," katanya.

"Semoga almarhum ditempatkan bersama orang–orang yang diridhoi Allah subhanahu wa ta'aala dan keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi cobaan ini," katanya.

Ia menjelaskan calon gabungan Pekanbaru dengan Rokan Hilir tersebut berangkat pada 28 Mei 2023.

Kondisi almarhum sebelumnya demam biasa dan kemarin masih sempat bergurau. Namun sebelum Subuh sekitar jam 03 waktu Arab Saudi (SAW) tiba-tiba almarhum merasa sesak dan langsung dibawa ke KKHI.

Baca juga: Ada 13 jamaah haji asal Riau dirawat di Arab Saudi

Ia wafat sekitar pukul 04.15 WAS, yang menurut keterangan KKHI waktu menjelang azan Subuh.

Mahyudin mengatakan calon haji yang meninggal belum sempat melaksanakan ibadah haji sehingga ibadah hajinya akan di-ba'dal hajikan oleh petugas yang telah ditunjuk.

Saat ini jenazah sedang diurus oleh pihak Maktab 21 untuk dilakukan pengurusan jenazah mulai dari memandikan, menshalatkan sampai dengan pemakaman menjadi tanggung jawab Maktab.

Subani Firdaus Samad Thaha, calon haji asal Pekanbaru yang bergabung dengan calin haji Kabupaten Rokan Hilir dalam BTH–08 berangkat menunaikan ibadah haji bersama dengan istrinya.

Baca juga: Bupati Siak Riau lepas 205 calon haji ke Tanah Suci