Kanwil DJPb Riau latih 30 UMKM di event U- FEST 2023

id Djpb riau, umkm riau

Kanwil DJPb Riau latih 30 UMKM di event U- FEST 2023

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Kanwil DJPb Riau usai mengikuti pelatihan Financing Empowerment Festival (Riau U-FEST 2023). ANTARA/Vera Lusiana (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Riau melatih sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk berkreasi dan menampilkan karyanya pada ajang UMKM Financing Empowerment Festival (Riau U-FEST 2023) di Pekanbaru, Kamis.

Pelatihan UMKM tersebut merupakan rangkaian kegiatan bersama Riau U-FEST 2023 dengan bazar UMKM yang sudah dilaksanakan terlebih dahulu pada 5 Maret 2023 lalu.

Setelah berhasil mengadakan UMKM Financing Empowerment Festival (Riau U-FEST) pada tahun 2022, Kanwil DJPb Provinsi Riau kembali menggelar pelatihan bagi UMKM dalam Riau U-FEST 2023 dengan tajuk “Bergerak Bersama, Majukan UMKM”.

"UMKM festival ini dalam rangka pembinaan bagi 30 binaan Kementerian yang dilakukan secara terjadwal, ini sebagai upaya memonitoring, juga dalam pemasaran, pembiayaan sehingga sebagai debitur bisa memanfaatkan bantuan yang tersedia," kata Pelaksana Tugas Kepala Kanwil DJPb Provinsi Riau, Burhanisaat membuka acara itu.

Materi pada pelatihan kali ini meliputi peran Kementerian Keuangan untuk pemberdayaan UMKM di Riau yang dibawakan oleh Kelompok Kerja Teknis Joint Program UMKM Perwakilan Kementerian Keuangan Riau.

Materi berisikan dukungan akses pembiayaan dari DJPb, fasilitas dan kemudahan perpajakan bagi UMKM dari DJP, fasilitas ekspor untuk UMKM dari DJBC, dukungan sistem lelang dari DJKN, dan open access materi UMKM oleh Balai Diklat Keuangan.

Kemudian dilanjutkan dengan dukungan dan program Pemerintah Kota Pekanbaru untuk memajukan UMKM yang dibawakan perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru.

Ada juga pelatihan pembukuan UMKM dengan Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan Usaha Mikro dan Kecil (SI APIK) dan simulasi pembukuan oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau.

"Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan UMKM dapat mengetahui peran dan dukungan dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah dalam memberdayakan UMKM Riau," katanya.