Wapres : Desa sebagai basis kekuatan ekonomi nasional

id wapres di pelalawan, wapres di riau

Wapres : Desa sebagai basis kekuatan ekonomi nasional

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menanam pohon kelengkeng pada acara Gerakan Penanaman Pohon Serentak di seluruh Indonesia, di sela kubjungan kerja di Riau, Senin (20/3/2023). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menyebutkan desa mampu menjadi basis kekuatan ekonomi nasional. "Ini sudah komitmen kami, pemerintahan Presiden Jokowi untuk memeratakan pembangunan yang di mulai dari desa. Anggaran yang disediakan lebih dari Rp70 triliun di kementerian desa.

Namun, sebenarnya, jika kita hitung di seluruh kementerian, ternyata untuk desa lebih dari Rp400 triliun semenjak 2015. Jadi, sudah lebih dari 10 persen dari nilai APBN kita.

Jadi, sudah semestinya di desa tidak ada lagi kemiskinan, stunting maupun kesenjangan ekonomi. Desa sudah seharusnya maju dan makmur," katanya saat menghadiri acara Peringatan Hari Desa Asri Nusantara 2023 di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Senin.

Wapres sendiri menyatakan Hari Desa Asri itu sendiri memiliki arti yang besar karena Indonesia dianugerahi karunia alam yang luar biasa besar dari Allah SWT.

Dengan sumber daya alamnya yang melimpah mulai dari pertanian, perkebunan, holtikultura hingga pertambangan masih perlu hilirisasi produk dan sumberdaya yang unggul.

"Indonesia masih kurang hamzah wasal. Artinya orang-orang yang melakukan upaya yang mampu mengolah alam kita tanpa harus menjualnya ke luar negara. Dan ini nilai lebihnya yang perlu terus di pupuk hingga Indonesia dapat menjadi negara maju.

Di Pelalawan ini, saya dengar dari bupatinya sudah ada, tinggal lagi perlu ditumbuhkan hamzah wasal yang banyak," paparnya.

Secara simbolis, Wapres Ma'ruf Amin juga melakukan penanaman pohon sebagai tanda dimulainya penanaman pohon secara serentak di Indonesia dengan jumlah lebih dari 8 juta.

Turut hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di lapangan SP 6 Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar bersama Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Pelalawan H Zukri Misran dan wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin.