DPRD Pekanbaru Desak Percepat Bangun Rumah Singgah

id dprd pekanbaru, desak percepat, bangun rumah singgah

DPRD Pekanbaru Desak Percepat Bangun Rumah Singgah



Pekanbaru, (Antarariau.com) - DPRD Kota Pekanbaru, Riau, mendesak pemerintah setempat mempercepat pembangunan proyek rumah singgah karena jumlah gelandangan dan pengemis belakangan ini terus bertambah.

"Keberadaan rumah singgah itu untuk pembinaan dan secepatnya dapat direalisasikan," kata anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Marheylin di Pekanbaru.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu bahwa rumah singgah harus diwujudkan pada tahun 2014 karena sangat dibutuhkan.

Marheylin mengatakan selama ini Pemkot Pekanbaru tidak memiliki rumah singgah makanya menambah banyak dan sulit untuk mengatasi gelandangan dan pengemis.

Meski aparat Satpol PP dan Dinas Sosial Pemkot Pekanbaru selalu menertibkan gelandangan dan pengemis di perempatan lampu merah tapi belum ada jalan keluar terbaik berupa pembinaan terhadap mereka.

Upaya pemulangan petugas setelah penertiban ke daerah asal pengemis, merupakan tindakan tidak mendidik, karena mereka kembali beraksi ke Pekanbaru untuk mengemis.

Belakangan ini para pengemis dan gelandangan beroperasi di perempatan lampu merah seperti di jalan Soekarno-Hatta, jalan Tuanku Tambusai, Ahmad Yani, Harapan

Raya, Arifin Ahmad dan jalan Riau.

Bahkan para pengemis tersebut mayoritas sehat fisik dan ada pula yang berpura-pura patah kaki, tapi ketika ada petugas penertiban datang mereka lari tunggang langgang.

Demikian pula ketika diambil gambar oleh juru foto koran terbitan lokal, maka setelah itu beberapa hari menghilang.