Polri siaga hadapi bencana alam di tahun 2023

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara, Polri

Polri siaga hadapi bencana alam di tahun 2023

Ilustrasi - Kendaraan dinas patroli polisi bersiap mengamankan terduga pelaku kejahatan di Jalan Hertasning Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA/Darwin Fatir)

Jakarta (ANTARA) - Polri siaga menghadapi bencana alam dan non-alam di 2023 dengan menyiapkan Operasi Aman Nusa II.

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy mengatakan operasi tersebut merupakan kontijensiyang akan berjalan selama satu tahun.

"Operasi Aman Nusa IIsudah disiapkan sebagai operasi kontijensi atau kedaruratan yang berjalan selama satu tahun untuk menghadapi bencana alam dan non-alam tahun 2023," kata Agung saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskanOperasi Aman Nusa IIbersifat kontinjensi yang sifatnya mendadak, sehingga Polri melaksanakan operasi tersebut secara otomatis bila terjadi bencana. Lingkup operasi akandibagi menjadi lingkup nasional, yang dilaksanakan Mabes Polri, sertalingkup kewilayahan oleh polda dan polres seluruh Indonesia.

"Polri telah siaga hadapi bencana itu sebutan lain Operasi Aman Nusa II," tambahnya.

Mantan kapolda Riau itu menambahkanPolri perlu melakukan kesiapsiagaan terhadap bencana karena itu menjadi bagian dari pola pengaturan dalam menghadapi bencana.

"Kesiapsiagaan ini bersifat harus segera ditangani oleh satuan-satuan yang ada, baik oleh TNI, Polri, Pemerintah, maupun pemangku kepentingan lainnya; dapat juga melibatkan masyarakat," ujarnya.

Kesiapan Polri dalam menghadapi bencana itu salah satunya menyiagakan personel yang tergabung dalam Satgas Kontijensi. Satgas tersebut bertugasmelakukan evakuasi korban, menyalurkan bantuan, memberikan layanan kesehatan, serta menjaga keamanan selama kondisi tanggap darurat.

Di sejumlah daerah yang mengalami bencana alam,jajaran Polri di wilayah terdampak secara otomatis telah memberlakukan Operasi Aman Nusa II.

Berdasarkan catatanBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin (9/1) telah terjadi41bencana, yang terdiri atas bencana banjir dan cuaca ekstremdi Jawa Tengahdan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Pengamat sebut Polri harus zero tolerance ke anggota jadi pelaku pelecehan

Baca juga: Bupati ajak masyarakat antisipasi sejak dini bencana alam