Kecamatan Seberida Punya Potensi Kembangkan Ternak Sapi

id kecamatan seberida, punya potensi, kembangkan ternak sapi

Kecamatan Seberida Punya Potensi Kembangkan Ternak Sapi



Rengat, (Antarariau.com) - Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, berpotensi mengembangkan ternak sapi dan kerbau dengan melimpahnya pakan termasuk dari sisa kelapa sawit serta lahan terbentang luas.

"Kita berharap Seberida mampu menjadi produsen daging untuk memasok kebutuhan di daerah," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu HM Sadar di Rengat, Jumat.

Potensi peternakan yang bagus itu akan ditindaklanjuti dengan program pemerintah seperti pengadaan ternak serta menyediakan sarana untuk mengembangkan sektor peternakan tersebut.

Menurut pemaparan dan arahan Mentri Pertanian Republik Indonesia saat melakukan rapat bersama kepala dinas se Indonesia di Jakarta, di arahkan agar daerah yang potensial khusus pertanian padi maka daerah itu disarankan menjadi pusat konsentrasi pemerintah untuk terus pengembangan pertanian padi.

Segala bentuk bantuan, pembinaan, dikosentrasikan sebab jika bantuan diberikan kepada daerah lain yang belum terbukti bisa bercocok tanam padi maka dikhawatirkan akan tidak berhasil dan sia sia, demikian juga halnya kepada daerah yang berhasil beternak sapi dan kerbau agar terus dikembangkan dan diharapkan menjadi pusat daerah pengembangan.

"Kecamatan Seberida sudah terbukti dan cocok untuk pengembangan hewan ternak sapi dan kerbau, jadi kedepan daerah itu jadi sentra pengembangan dan swasembada daging," ujarnya.

Kedepan kelompak tani ternak sapi Karya Maju yang sudah terbukti berhasil mengembangkan ternak dan juga penyediaan pakan yang cukup dan sukses melaksanakan gerakan pengembangan pakan berkualitas ( gerbang patas) akan menjadi percontohan.

Anggota kelompok Karya Maju Desa Titian Resak kedepan menjadi salah satu kelompok andalan, selain sudah menanam beberapa jenis rumput hijau makanan ternak juga sudah mengembangkan pola industri, Copern, bio gas dan pengembangan lanjutan untuk Unit Pengelola Organik UPO).