Agar kesejahteraan masyarakat terpenuhi, Karang Taruna Riau minta para kader bekerja ikhlas

id Karang Taruna Riau ,Ketua Karang Taruna Riau Muhammad Andri,Karang Taruna Kepulauan Meranti

Agar kesejahteraan masyarakat terpenuhi, Karang Taruna Riau minta para kader bekerja ikhlas

Ketua Karang Taruna Riau, Muhammad Andri menyerahkan bantuan sembako ke salah satu masyarakat di desa Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (6/9/2022). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Karang Taruna Provinsi Riau terus melakukan penguatan fungsi organisasi kepada para kader dan pengurus Karang Taruna di tingkat kabupaten, dalam membantu mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat.

Kali ini mereka turun ke wilayah terluar di Riau yakni, Kabupaten Kepulauan Meranti. Di sana para kader diberikan pemahaman tentang Permensos Nomor 25 Tahun 2019 dan AD/RT Karang Taruna, menyangkut pedoman kerja yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

"Sosialisasi ini untuk pedoman kerja organisasi kami ke depan, yang mana karang taruna ini harus berdampingan bersama masyarakat dan bersinergi dengan pemerintah. Jadi pedoman ini harus dipahami oleh para kader, agar tidak salah jalan pada saat bekerja di lapangan," kata Ketua Karang Taruna, Muhammad Andriusai sosialisasi Permensos di Selatpanjang, Selasa.

Ia menyebutkan, karang taruna sudah banyak berperan dalam membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan dan tidak mampu. Mulai dari sektor kesehatan hingga kegiatan sosial.

"Sebenarnya kami sudah banyak melakukan kegiatan sosial, hanya saja tidak banyak diekspos. Bahkan ada bantuan jenisnya untuk kesehatan," beber Andri

"Seperti kemarin kami menerima laporan masyarakat bahwa ada pasien yang membutuhkan bantuan untuk tindakan operasi. Jadi waktu itu, kita langsung melakukan audiensi dengan beberapa instansi terkait dan stakeholder agar segera diberikan bantuan," ujarnya lagi.

Selain itu, pihaknya juga telah mengusulkan bantuan rumah layak huni ke instansi terkait untuk masyarakat kurang mampu. Di Kepulauan Meranti, ada sejumlah rumah yang ditargetkan untuk diusulkan bantuan tersebut.

"Itu kita berkoordinasi langsung dengan kawan-kawan kader yang berada di kecamatan dan desa. Untuk hari ini ada satu unit rumah, tapi kami mau survei dulu. Targetnya memang harus tepat sasaran, yang mana dilihat dari kondisi rumahnya yang tidak layak," jelasnya.

Ketua Karang Taruna Riau itu optimis akan terus membantu pemerintah untuk mengentaskan angka kemiskinan, membantu fakir miskin, kaum dhuafa dan mualaf. Untuk itu, ia meminta para kader karang taruna agar bekerja dengan ikhlas sesuai aturan yang sudah ada di Permensos dan AD/RT karang taruna.

"Selalu melihat di sekitar tempat mereka berada, agar target kesejahteraan sosial itu terpenuhi," tutupnya.

Dapat disampaikan pula, selain melakukan sosialisasi Karang Taruna menyempatkan menyalurkan bantuan sembako ke masyarakat beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Tebingtinggi. Turut mendampingi, Sekretaris Karang Taruna Rayan Pribadi, jajaran di Instansi bidang sosial, Ketua Karang Taruna Kepulauan Meranti, Een Marfizas dan pihak terkait lainnya.