BNI terus dorong UMKM diaspora di Amerika untuk tumbuh

id BNI,bni new york,diaspora amerika serikat,ekspor ke amerika serikat,pembiayaan umkm,fasilitas pembiayaan bni

BNI terus dorong UMKM diaspora di Amerika untuk tumbuh

Ilustrasi: Pegawai BNI melayani nasabah dalam transaksi digital di Kantor Cabang BNI New York, AS. (ANTARA/HO-BNI)

Jakarta (ANTARA) - General Manager PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk New York Aidil Azhar mengatakan, pihaknya selalu siap mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) milik diaspora Indonesia di Amerika Serikat untuk terus berkembang.

Aidil mengatakan selain pembiayaan, BNI New York juga memiliki produk trade finance yang dapat membantu kelancaran ekspor-impor produk Indonesia dan Amerika Serikat.

“Di luar itu, kami juga membantu membuka rekening rupiah di Indonesia tanpa perlu datang ke Indonesia untuk memfasilitasi pengusaha Amerika yang memiliki ikatan bisnis dekat di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Perwakilan Golden Nest Corporation USA Jemmy Pranyoto yang merupakan salah satu nasabah BNI mengatakan, fleksibilitas BNI dalam mendukung UKM di luar negeri untuk berkembang tidak tertandingi.

“BNI secara keseluruhan memberikan perhatian, edukasi, arahan. Secara keseluruhan, mereka kompak membantu kami UKM untuk bisa tumbuh ke arah yang lebih tinggi,” ujar Jemmy.

Jemmy menuturkan saat pertama kali bekerja di BNI, perusahaannya masih 100 persen importir dan distributor, yang kemudian mulai merambah pabrik makanan.

Ia mengatakan, BNI memberikan paket lengkap untuk mendukung UKM di luar negeri, dimana BNI tidak hanya memberikan pendanaan, tetapi juga memberikan masukan, saran, dan bimbingan, agar UKM di luar negeri, dalam hal ini Amerika Serikat, dapat terus berkembang.

Meski hanya fokus pada penyaluran modal kerja, Jemmy mengatakan BNI sangat serius dalam melayani dan mendorong nasabah khususnya UKM untuk lebih baik lagi.

“Saya melihat BNI sangat memperhatikan mereka. Selama 10 tahun saya bersama BNI, hampir setiap pergantian general manager saya mendapat kunjungan kerja ke pabrik saya, dan kemudian kami berdiskusi. Hal seperti itu, yang meski secara tertulis hanya modal kerja, namun nyatanya BNI memberikan perhatian, edukasi dan arahan,” kata Jemmy.