Migrasi siaran analog ke digital, tvOne distribusikan lima ribu STB

id tvOne berikan STB kepada keluarga kurang mampu di Riau

Migrasi siaran analog ke digital, tvOne distribusikan lima ribu STB

Penyerahan STB untuk keluarga kurang mampu di Riau. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - TvOne sebagai penyelenggara multipleksing (MUX) di wilayah layanan siaran Riau-1, Senin, mendistribusikan 5.007 unit Set Top Box (STB) gratis kepada keluarga kurang mampu di Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Penyerahan dan instalasi STB inj disaksikan oleh Gubernur Riau Syamsuar, Walikota Pekanbaru Firdaus, Staf Khusus Menteri Kominfo Phillip Gobang, dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau Falzan Surahman.

Para penerima STB gratis adalah keluarga kurang mampu pemilik pesawat televisi analog yang ditentukan Kemkominfo berdasarkan database Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Pembagian STB gratis bagi keluarga kurang mampu ini merupakan bukti komitmen VIVA Group melaluitvOne untuk menyukseskan Analog Switch Off (ASO), supaya jangan sampai ada warga Pekanbaru dan Kampar

yang tadinya bisa menikmati siaran TV analog, begitu ASO tahap 1 pada 30 April 2022 nanti justru tidakbisa menerima siaran TV digital dikarenakan tidak memiliki STB,” terang Direktur PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) Neil R. Tobing.

Tak hanya membagikan STB, tvOne juga menyelenggarakan sosialisasi agar masyarakat mengerti dan paham tentang migrasi siaran TV analog ke TV digital.

Sesuai Peraturan Menteri Kominfo No. 6 tahun 2021, ada dua wilayah layanan siaran di Provinsi Riau yang masuk ke dalam pelaksanaan ASO Tahap I, yakni Riau-1 (Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar) dan Riau–4 (Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai).

Untuk menyukseskan ASO tahap I pada 30 April 2022 di wilayah layanan siaran Riau-1, tvOne sudah membangunsite MUX yang telah melayani lebih dari 80 persen populasi Riau-1 yang meliputi Kota Pekanbarudan Kabupaten Kampar.

Gubernur Riau, Syamsuarmenyambut dan mengapresiasi pembagian STB gratis dan sosialisasi migrasi siaran TV digital yang diselenggarakan tvOne.

“Masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Riau masih banyak yang menggunakan TV analog sehingga kami menyambut baik pembagian STB gratis bagi keluarga kurang mampu dari tvOne selaku penyelenggara MUX," ucap Syamsuar

"Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan lagi sosialisasi ASO agar masyarakat paham. Pemprov Riau siap membantu Kemkominfo meningkatkan sosialisasi ASO,” lanjutnya.