Astronaut NASA selesaikan aktivitas spacewalk untuk melakukan pemasangan panel surya

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, NASA

Astronaut NASA selesaikan aktivitas spacewalk untuk melakukan pemasangan panel surya

Foto hasil tangkapan layar (screenshot) yang diabadikan pada 15 Maret 2022 ini menunjukkan astronaut NASA Kayla Barron bekerja dalam mempersiapkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk set ketiga roll-out solar arrays (ROSA). (Xinhua/NASA TV)

Jakarta (ANTARA) - Dua astronaut Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA), Kayla Barron dan Raja Chari pada Selasa (15/3) telah melakukan aktivitas di luar pesawat luar angkasa (spacewalk) sepanjang tujuh jam dalam persiapan untuk pemasangan panel surya.

Barron dan Chari telah menyelesaikan aktivitas spacewalk mereka dalam mempersiapkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) untuk peningkatan panel surya mendatang dengan merakit dan memasang perangkat modifikasi, kata NASA.

Baca juga: NASA berencana untuk pensiunkan stasiun luar angkasa ISS pada 2030

Mereka telah membangun struktur kerangka (bracket) pendukung di mana ISS roll out solar array (iROSA) selanjutnya akan dipasang.

Sejauh ini, dua dari enam iROSA telah dipasang di stasiun luar angkasa tersebut dengan empat panel tambahan yang akan dikirimkan. Panel-panel itu nantinya akan menambah enam dari delapan saluran listrik di stasiun luar angkasa tersebut, meningkatkan total daya yang tersedia di ISS dari 160 kilowatt menjadi hingga 215 kilowatt, papar NASA.

Ini merupakan aktivitas spacewalk ke-247 dalam mendukung perakitan, peningkatan, dan pemeliharaan ISS, menurut NASA.

Chari dan Barron tengah menjalani misi ilmiah yang rencananya berdurasi enam bulan dengan tinggal dan bekerja di laboratorium mikrogravitasi pesawat luar angkasa untuk memajukan pengetahuan ilmiah dan mendemonstrasikan teknologi baru guna misi eksplorasi manusia dan robotik di masa mendatang, imbuh NASA.

Baca juga: Peluncuran luar angkasa Iran gagal ke orbit

Baca juga: NASA umumkan akan kirim robot penjelajah es ke Kutub Selatan Bulan