BOS Dumai 2013 Dianggarkan Sebanyak Rp 28 M

id bos dumai, 2013 dianggarkan, sebanyak rp, 28 m

(antarariau.com) - Anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi ribuan pelajar SD dan SMP di Kota Dumai, Propinsi Riau untuk tahun ini mengalami peningkatan sebesar 3,47 persen dibanding 2012 lalu, yaitu dari Rp 27 miliar menjadi sekitar Rp 28 miliar.

Manager BOS pada Dinas Pendidikan Kota Dumai, Bujang Alwi Syahputra menyatakan, terjadinya peningkatan anggaran BOS pada tahun ini disebabkan karena meningkatnya jumlah siswa di sekolah.

Dia menjelaskan, untuk kategori sekolah tingkat SD, dana BOS dianggarkan pemerintah melalui APBN sebesar Rp20 miliar dengan jumlah murid sebanyak 35.343 orang di 93 sekolah.

Sedangkan untuk jenjang SMP dengan 31 sekolah dianggarkan dana BOS sebanyak Rp 8 miliar dengan jumlah murid sebanyak 11.305 orang.

"Pendistribusian dana BOS tahun ini sudah dilaksanakan dua kali untuk dua triwulan dengan langsung dikirim langsung ke rekening sekolah. Karena jumlah siswa meningkat, maka jumlah dana BOS mengalami peningkatan sebesar 3,47 persen," terang Bujang Alwi, Kamis.

Dia mengungkapkan, kepada sekolah penerima dana BOS oleh Disdik diminta untuk menyampaikan laporan pemanfaatan penggunaan dana tersebut per triwulan, atau minimal pada minggu kedua setiap tiga bulan penyaluran.

Penerapan sistem pelaporan ini bertujuan sebagai bentuk pengawasan Manajemen BOS Dinas Pendidikan Dumai agar penggunaan sesuai dengan peruntukan berdasarkan standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Diakuinya dengan penerapan pola seperti itu, laporan pertanggungjawaban terhadap penggunaan dana BOS menjadi tepat waktu. Berbeda dengan beberapa tahun belakangan yang selalu terkendala saat penyampaian laporan karena sering terlambat.

Dia mengakui, tidak semua sekolah penerima dana BOS yang tepat waktu melaporkan penggunaannya akibat masih kurangnya pemahaman pihak sekolah dalam mempelajari petunjuk teknis peruntukkan dana BOS.

"Pelaporan pertiga bulan ini akan memudahkan sekolah dalam membuat laporan penggunaan dana BOS. Bentuk lainnya pengawasan kita juga dengan mengadakan pertemuan rutin setiap tahun untuk memberikan pembinaan tentang penggunaan dana bantuan tersebut," ungkapnya.