BOS 2015 Dumai Tingkat SMA-SMK Naik

id bos 2015, dumai tingkat, sma-smk naik

BOS 2015 Dumai Tingkat SMA-SMK Naik

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Manager Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai Riau Sugeng Purnomo menyebutkan, dana BOS tingkat SMA/SMK pada 2015 ini meningkat dari Rp1 juta jadi Rp1,2 juta per semester.

Kenaikan dana BOS ini, menurutnya, diprediksi karena terpengaruh inflasi daerah dan pertimbangan harga kebutuhan pokok di pasaran mengalami peningkatan.

"Dana BOS tingkat SMA 2015 ini naik menjadi Rp2,5 miliar dan SMK Rp2,8 miliar per semester, baik sekolah negeri maupun swasta jadinya tiap siswa itu juga bertambah alokasi anggarannya," kata dia, Rabu.

Dia menjelaskan, dana yang bersumber dari pemerintah pusat tersebut akan dibagikan sesuai jumlah peserta didik di sekolah 12 SMA dan 10 SMK negeri dan swasta.

Karena itu, dengan kenaikan besaran dana BOS tersebut, diharapkan penyelenggara sekolah bisa menggunakan sesuai peruntukkan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kegunaaan dana BOS sudah diatur menurut ketentuan berlaku, karena anggaran ini untuk mendukung operasional penyelenggaraan sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan," jelasnya.

Anggaran BOS ini bertujuan juga mengurangi anak putus sekolah, meningkatkan angka partisipasi dasar (APK), mengurangi beban biaya pendidikan siswa miskin serta dimanfaatkan untuk kebutuhan peserta didik di sekolah.

Selain itu, diharapkan penggunaan dana BOS ini diselenggarakan secara transparan dan pelaporan berkala rutin disampaikan ke Disdik sebagai bentuk pengawasan.

"Pelaksanaan BOS akan diawasi dan dilakukan evaluasi agar dalam penggunaan berjalan sesuai ketentuan dan tidak menyalahi aturan hukum," jelasnya.