Panitia SNPMB lakukan monitoring dan evaluasi di UNRI

id Unri,Utbk, snbt, berita unri, snbt unri

Panitia SNPMB lakukan monitoring dan evaluasi di UNRI

Tim Monev sedang melakukan pengawasan sebagai persiapan pelaksanaan UTBK SNBT Unri. (ANTARA/HO-Unri)

Pekanbaru (ANTARA) - Sehubungan dengan Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer–Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) Gelombang I tahun 2024, yang dimulai pada 30 April 2024, Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) melakukan Kunjungan dan Monitoring Evaluasi (Monev) Pelaksanaan UTBK di Universitas Riau (UNRI).

Hadir sebagai Pemonev SNPMB untuk pelaksanaan UTBK di UNRI tahun 2024 adalah Badrus Zaman, S.KomM.Cs.

UNRI sebagai Panitia Pelaksana Pusat UTBK di Provinsi Riau telah melakukan persiapan yang matang untuk pelaksanaan tahun 2024.

Panitia Tim Pelaksana Pusat UTBK UNRI yang ikut mendampingi adalah Wakil Rektor Bidang Akademik selaku Ketua Tim Pelaksana Pusat UTBK UNRI Tahun 2024, Dr. Mexsasai Indra, Sekretaris UTBK UNRI, Dr. Rahman Karnila,Koordinator Pelaksana, Dessy Riasary, SE. MM; Wakil Koordinator Pelaksana, Dr. Zulfarina, Koordinator Monev, Dr. Belli Nasution, MA; dan Kepala Subkoordinator Humas, Evi Surianti, SE.

Kunjungan terbagi dua tahap. Tahap I dilakukan pada H-1, yaitu pada 29 April 2024. Lokasi yang dikunjungi adalah Universitas Muhammadiyah Riau, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, dan Unit Pengelola Teknis Bahasa di Kampus Bina Widya UNRI.

Kunjungan Tahap II dilaksanakan pada hari pertama ujian, yaitu 30 April 2024. Lokasi yang dikunjungi adalah SMKS Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru, Fakultas Kedokteran UNRI, STMIK AMIK Riau, dan SMKS Faramasi Ikasari.

Di setiap lokasi ujian, tim Monev memeriksa ketersediaan pasokan listrik dan akses internet, papan informasi terkait daftar nama peserta, denah atau tanda penunjuk arah menuju ruang ujian, serta alur pemasangan nomor kursi peserta.

Hal lain yang menjadi concern tim monev adalah situasi dan kondisi ruang server, kelengkapan di ruangan ujian, serta alur peserta masuk ruangan, mulai dari proses pemeriksaan identitas, pemindai menggunakan pendeteksi logam (metal detector), tempat penyimpanan tas, hingga peserta masuk ke tempat duduk masing-masing di ruang ujian.

Keamanan dan kenyamanan suasana ruang ujian juga menjadi perhatian pemonev, seperti pemasangan kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) yang tidak menghadap ke layar monitor peserta Ujian, dan alur posisi duduk peserta ujian yang sesuai aturan.

Di lokasi ujian SMKS Farmasi Ikasari, tim monev menyaksikan secara langsung proses peserta setelah berada dalam ruang ujian. Mulia dari latihan mengerjakan soal sampai saat mengerjakan soal ujian yang sebenarnya.