Warga Meranti di penyeberangan dimintai tidak abai prokes

id Prokes ,COVID-19,Polairud Polres Meranti

Warga Meranti di penyeberangan dimintai tidak abai prokes

Personel Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Kepulauan Meranti saat memakaikan masker kepada salah seorang warga Meranti yang ingin menyeberang menggunakan kapal kempang, Selasa (25/1). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Kepulauan Meranti, Selasa, gencar mendatangi warga di sejumlah pelabuhan penyeberangan di Selatpanjang untuk memberikan imbauan dan sosialisasi tentang Protokol Kesehatan (prokes) penanggulangan COVID-19.

"Giat ini sebagai bentuk agar masyarakat tetap mematuhi Prokes saat beraktivitas sehari-harinya. Tujuannya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG melalui Kasat Polairud AKP Yosi Marlius.

Hal itu terus dilakukan mengingat saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir. Ditambah lagi munculnya varian baru yang disebut Omicron, sehingga pemerintah masih fokus dalam penanganan pandemi ini.

"Jangan lalai dan abaikan Prokes. Sebab corona belum berakhir. Tetap waspada, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, dan kurangi mobilitas," imbau dia.

Sembari memberikan imbauan, personel Polairud juga membagikan masker secara gratis kepada para penumpang pompong penyeberangan. Terlihat adanya respon positif dari masyarakat terkait penting menjaga prokes.

"Masyarakat kita masih menyadari pentingnya menaati prokes ini. Buktinya, mereka masih mau memakai masker saat berada di pelabuhan maupun. Kita berharap ini terus diterapkan sehari-harinya," pesan Yosi.

Sebagaimana diketahui, selain soal prokes, saat ini Pemerintah Daerah bersama Polres Kepulauan Meranti juga masih fokus pada pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat.

Bahkan dalam sekitar dua pekan ini, percepatan vaksinasi merambah hingga kalangan anak usia 6-11 tahun, terutama di sekolah dasar. Begitu juga halnya dengan vaksinasi kalangan lanjut usia (lansia), masih gencar dilakukan, baik oleh tim vaksinator Polres maupun Puskesmas yang ada di daerah ini.