Seminar Kepribadian Bermanfaat Tingkatkan Wawasan

id seminar kepribadian, bermanfaat tingkatkan wawasan

Bangkinang, (Antarariau.com) - Seminar Kepribadian yang ditaja oleh TP PKK Kabupaten Kampar, Provinsi Riau sangat bermanfaat dalam meningkatkan wawasasn serta memberikan kesan tersendiri bagi kaum perempuan yang hadir mendengarkan langsung pemaparan Dr Leila Mona Ganiem, M.Si pakar komunikasi dari Jakarta

Seminar sehari bertajuk “Menjalin Komunikasi Efektif dengan Masyarakat” itu membuat semua perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi di Kabupaten Kampar ini terpana dan memperhatikan dengan serius semua ilmu yang disajikan oleh Dr Mona di Gedung Mahligai Bungsu tersebut.

Ketua TP PKK Kabupaten Kampar, Hj Eva Yuliana menyebutkan, seminar kepribadian ini memang sengaja digelar untuk memberikan pencerahan dan membuka cakrawala bagi kaum perempuan yang ada di Kabupaten Kampar, sebab semua kaum perempuan harus bangkit menggali potensi diri diiringi sikap santun, tata cara bicara sopan, ramah, saling menghargai, cara duduk dan berdiri dan cara bergaul serta berinteraksi dan berkomunikasi yang lebih baik kepada semua lapisan masyarakat terutama kepada ibu-ibu pejabat bila bertemu dengan masyarakat.

“Jauhkan sifat sombong, angkuh, tinggi hati, dan merasa diri paling benar, sebab apa yang kita perbuat dan tingkah laku bersikap, berkomunikasi yang baik menjadi tauladan bagi masyarakat yang ada di sekitar. Keakraban dan kedekatan boleh-boleh saja namun tatakrama dan etika pergaulan harus dijaga, baik di depan maupun dibelakang kita, “ ujar Eva.

Menurut Ny Mulyeti Anizur, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kampar, seminar tentang kepribadian yang diberikan pakar komunikasi Dr Mona itu sangat bagus sekali dan banyak memberikan tambahan ilmu, wawasan, seperti cara berbicara di depan orang, cara bersikap, dan cara berkomunikasi yang baik serta membentuk kepribadian yang luar biasa.

“Dari ilmu itu sangat bermanfaat sekali terutama bagi diri saya, juga untuk masyarakat umumnya, karena itu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan saya yakin ibu-ibu yang lain merasakan hal yang sama, “ kata dia.

Ketua IBI Kabupaten Kampar, Susilawati mengaku sangat terkesan dengan adanya pembekalan seminar kepribadian yang disampaikan Dr Leila Mona tersebut. Menurutnya banyak hal yang dapat dipetik manfaatnya, semuanya memberikan penyegaran bagi diri sendiri tentang bagaimana berkomunikasi yang lebih baik, memberikan pemahaman tentang pendapat kita dan mendengarkan pendapat orang lain.

Selain itu, memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara memberikan perintah kepada orang lain, antara atasan dan bawahan, cara bersikap, berjalan, cara duduk dan berdiri, agar orang percaya dengan kita serta bagaimana cara kita berbuat sesuatu menjadi amalan bagi kita. "Hidup ini terlalu sayang kalau biasa-biasa saja, harus mampu memberikan motivasi dan inovasi semaksimal mungkin," ujarnya.

Pencerahan lain, tentang bagaiman bersikap menjadi seorang publi figur, menjadi panutan orang banyak, bagaimana mengemukakan pendapat kita dengan orang lain tanpa harus memaksakan orang lain menerima pendapat kita, namun juga kita dituntut harus mampu mendengarkan dengan baik pendapat orang lain yang mungkin cara penyampaiannya berbeda namun tujuannya sama yang ditinjau dari sudut pandang yang berbeda.

Salah satu contoh yang diperagakan cara melakukan panco, pastilah masing-masing ingin bagaimana caranya mengalahkan lawan dengan mengeluarkan sekuat tenaga agar lawan roboh, namun tidak demikian dalam tataran komunikasi, kita boleh memiliki pendapat sendiri namun juga dituntut untuk mendengar pendapat orang lain, mungkin ada sisi lain atau cara pandang lain yang memiliki makna.