Disdik Pekanbaru akan menambah jam sekolah saat PPKM level 1

id disdik pekanbaru, sekolah pekanbaru, pekanbaru ppkm level 1

Disdik Pekanbaru akan menambah jam sekolah saat PPKM level 1

Suasana sekolah di Pekanbaru saat pandemi COVID-19. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru akan menambah jam pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah menjadi empat jam mengingat daerah itu menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 mulai 23 November hingga 6 Desember 2021.

"Saat ini, kami masih menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dua kali sepekan. Durasi PTM juga masih tiga jam," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Muzailis di Pekanbaru, Kamis.

Namun, guna memastikan PTM aman dari penyebaran COVID-19, Dinas Pendidikan telah melakukan pendataan vaksinasi guru dan pelajar.

"Vaksinasi bagi guru hampir mencapai 100 persen, sedangkan pelajar SMP yang sudah divaksin sekitar 30 persen. Ini perlu kami gesa untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," ungkap dia.

Baca juga: Sekolah Pekanbaru dilarang lakukan pembelajaran "full day"

Meski nantinya, jam pelajaran di sekolah ditambah, para pengajar dan peserta didik harus tetap disiplin protokol kesehatan karena situasi masih pandemi COVID-19.

Setiap pulang sekolah, peserta didik juga diminta langsung pulang ke rumah untuk mengurangi potensi terpapar virus. Orang tua murid pun diminta menjemput anaknya saat pulang sekolah demi keamanan.

Hingga saat ini capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru hampir mencapai 90 persen sehingga PPKM menjadi level 1. Hingga 25 November tercatat dua orang masih dirawat di rumah sakit karena terpapar COVID, sedangkan 33 orang masih menjalani isolasi karena juga terpapar virus itu.

Baca juga: Siswa dan guru di Siak belajar bersama di Museum Balairung Sri