Basarnas Pekanbaru bersih-bersih Sungai Siak, ada apa?

id Basarnas, sungai siak, hut polairud

Basarnas Pekanbaru bersih-bersih Sungai Siak, ada apa?

Persiapan sebelum bersih-bersih sungai. (ANTARA/HO-Basarnas)

Pekanbaru (ANTARA) - BasarnasKota Pekanbaru turut serta dalam pelaksanaan bersih-bersih Sungai yang diadakan oleh Polairud (Polisi Air dan Udara) Polda Riau, Jumat (12/11).

Kepala Kantor SARPekanbaruIshakmengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT Ke-71 Polairud.

"Kegiatan bersih-bersih sungai ini dilaksanakan oleh Polairud, Basarnas Pekanbaru dan instansi terkait lainnya untuk memperingati HUT Polairud Ke-71," terang Ishak

Kegiatan dimulai dengan apel persiapan pukul 08:00 WIB serta penyerahan secara simbolis peralatan kebersihan yang akan digunakan. Kemudian dilanjutkan dengan pembersihan berbagai sampah serta tanaman liar yang berada di sepanjang aliran sungai Siak.

Adapun perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan ini ialah kapal Polairud dan perahu karetBasarnas. Bersih-bersih sungai dilaksanakan hingga pukul 11.30 WIB.

Pembersihan itu berupa pengambilan sampah yang ada di permukaan sungai agar aliran lancar.

Sungai Siak yang dulunya bernama sungai jantan ini dikenal sebagai sungai terdalam di Indonesia. Kedalamannya pernah mencapai 30 meter. Akan tetapi disebabkan pendangkalan kini dalamnya sekitar 18 meter.

Sungai Siak dulunya menjadi jalur transportasi penting di Riau yang turut menunjang pasokan kebutuhan barang hingga ke Pekanbaru, serta sebagai jalur pengangkutan produk komoditas Riau.

Baca juga: Basarnas Pekanbaru evakuasi satu keluarga terjebak banjir

Baca juga: Pemimpin BRI Cabang Kawasi tewas dalam kecelakaan kapal cepat