Peparnas: Tono Suratman Puji Persiapan Panitia

id peparnas tono, suratman puji, persiapan panitia

Peparnas: Tono Suratman Puji Persiapan Panitia

Pekanbaru, (antarariau) - Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat, Tono Suratman, mengaku puas dengan persiapan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV 2012 di Riau karena dipandang telah optimal dan sempurna.

"Saya sangat puas dengan persiapan Peparnas oleh tuan rumah Riau. Segalanya telah memadai termasuk fasilitas dan lain-lainnya," kata Tono di Pekanbaru usai memimpin upacara penaikan bendera 32 kontingen Peparnas Riau, Sabtu siang.

Ia menjelaskan, sebelumnya telah melakukan peninjauan ke beberapa lokasi arena pertandingan dan segala fasilitas terlihat memadai.

Upaya untuk memberikan fasilitas khusus, demikian Tono, juga telah dilakukan dengan optimal oleh pihak panitia Peparnas.

"Mulai dari transportasi khusus, toilet dan lainnya. Sebagian sudah telah didesain secara khusus untuk mempermudah paralimpian yang akan berlaga pada Peparnas Riau," katanya.

Ketua KONI menjelaskan, pelaksanaan iven olahraga nasional bagi kalangan paralimpian di Riau merupakan kegiatan yang harus didukung berbagai pihak, baik pemerintah maupun publik.

Hal itu menurut dia sangatlah penting untuk memberikan motovasi bagi paralimpian agar dapat mengukir prestasi membanggakan meski dengan segala kekurangan fisik yang mereka miliki.

Peparnas XIV 2012 di Riau memperebutkan sebanyak 1.334 medali terdiri dari 424 emas, 424 perak, dan 486 medali perunggu.

"Pada Peparnas Riau yang dimulai pada 7 Oktober mendatang, para atlet akan memperebutkan sebanyak 1.334 medali," kata Gubernur Riau HM Rusli Zainal kepada wartawan di Media Center Utama Peparnas Riau di Pekanbaru, Jumat sore.

Rusli menjelaskan, pada Peparnas Riau ada sebanyak 11 cabang olahraga yang dipertandingkan, terdiri dari angkat berat, boling, panahan, atletik, bulutangkis, catur, futsal, tenis lapangan kursi roda, renang, tenis meja serta bola voli duduk.

Menurutnya, penyenggaraan Peparnas tidak akan serumit Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau yang telah berakhir pada 20 September lalu.

Hal itu, demikian Rusli, karena Peparnas selain hanya mempertandingan sebanyak 11 cabang olahraga, penyelenggaraannya juga berada di satu kota yakni di Pekanbaru.

"Jadi diharapkan persiapannya akan lebih optimal dan lebih memuaskan," katanya.