Arena Anggar Sukses Diuji Coba

id arena anggar, sukses diuji coba

Pekanbaru, (antarariau) - Uji coba arena pertandingan cabang anggar PON XVIII di kawasan Universitas Lancang Kuning, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, tanpa mengalami kendala berarti termasuk ketika dilakukan simulasi lomba.

"Saat uji coba lomba berjalan lancar dan semua peralatan eletronika yang digunakan berfungsi dengan baik," kata pelatih anggar Riau, Teten Aliguna, dihubungi di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, dalam uji coba pertandingan maka peralatan eletronika berupa lampu petunjuk dan kamera pemantau yang tersambung dengan perangkat komputer berjalan lancar.

Bahkan ketika simulasi pertandingan yang digelar Selasa (28/8) disaksikan langsung Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI), Tono Suratman yang juga Ketua Umum KONI Pusat itu berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan panitia.

Selain itu, arena anggar itu dianggap memenuhi syarat dan dengan standar internasional hampir sama dengan arena serupa di Singapura, Malaysia dan Thailand.

Menurut mantan pelatih anggar Selangor, Malaysia itu, bahwa untuk landasan pertandingan mengunakan peralatan yang sengaja didatangkan dari Jerman.

Namun Tim Anggar Riau yang diturunkan pada PON XVIII yang digelar 9-20 September 2012 sebanyak 18 atlet mengikuti semua nomor dan senjata sabel, floret, dan degen baik perorangan maupun beregu.

Walau begitu, pada arena itu juga dilengkapi tempat latihan ringan bagi atlet menjelang pertandingan.

Pada arena itu juga dilengkapi lampu penerangan yang memadai sehingga untuk pertandingan malam hari tidak menjadi masalah.

Demikian pula di arena itu juga dilengkapi sejumlah kamar mandi dan ruangan ganti pakaian bagi atlet menjelang maupun usai pertandingan.

Meski begitu, pada arena yang mirip dengan bangunan gedung DPR/MPR di Senayan Jakarta itu juga dilengkapi arena parkir dan taman bermain yang ditanami aneka pohon pelindung.