10 Agustus, Arena Anggar PON Siap Digunakan

id 10 agustus, arena anggar, pon siap digunakan

Pekanbaru, (antarariau) - Arena pertandingan cabang anggar PON XVIII 2012 di kawasan Universitas Lancang Kuning, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, sudah dapat digunakan mulai 10 Agustus karena saat ini dalam tahapan penyelesaian akhir proyek.

"Pada 10 Agustus 2012 arena ini sudah dapat dipakai karena sekarang tinggal penyelesaian akhir," kata Sukarna, mandor proyek arena anggar ditemui di Rumbai, Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, pemasangan atap sudah dilakukan dan semua lantai dan bangku penonton serta sarana pendukung telah selesai dikerjakan.

Namun arena pertandingan anggar PON XVIII di Rumbai itu pada bagian atasnya mirip dengan gedung DPR/MPR di Kawasan Senayan, Jakarta.

Selama ini, atlet anggar Pelatda Riau melakukan latihan bersama dengan cabang karate di arena Purna MTQ di kawasan Simpang Tiga Pekanbaru.

Bahkan atlet anggar Riau menjadikan arena pertandingan di Rumbai itu sebagai tempat pemusatan latihan.

Sementara itu, pihak KONI Riau hanya menargetkan perolehan medali pada cabang anggar pada nomor beregu putra dan putri untuk senjata degen dan floret.

Untuk memenuhi target itu, maka pihak Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Riau, mendatangkan mantan pelatih nasional, Teten Ali Guna untuk senjata sabel dan floret.

Sedangkan, tuan rumah menurunkan sebanyak 16 atlet pada PON XVIII, mereka telah resmi mendaftar pada PB PON untuk berlaga mengikuti senjata degen, sabel dan floret perorangan maupun beregu putera dan puteri.

Saat ini kekuatan tim anggar dari Jabar, Sulut, Sumsel, Jateng, DKI Jakarta dan Jatim serta Kalbar, karena ada juga atlet pelatnas yang mengikuti pertandingan SEA Games 2011 di Depok, Jawa Barat.

Pelatih anggar Riau, Eko Nandariono mengatakan bahwa hanya untuk beregu memiliki peluang besar dapat merebut medali.

Dia mengatakan ketika merujuk pada PON XVII 2008 di Kaltim bahwa pertandingan beregu dimungkinkan atlet Riau untuk mendapatkan medali.