Pekanbaru akan berdayakan lima bus vaksinasi keliling jemput lansia

id Bus vaksin,Pekanbaru

Pekanbaru akan berdayakan lima bus vaksinasi keliling  jemput lansia

Bus vaksin khusus lansia. (ANTARA/HO-Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memberdayakan lima bus khusus vaksinasi COVID-19 keliling, untuk jemput bola para lanjut usia (lansia) setempat hingga ke pelosok daerah.

"Saya akan meluncurkan bus vaksinasi COVID-19 keliling. Ada lima yang akan dikerahkan untuk vaksinasi lansia di tiap kelurahan," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Rabu.

Dikatakan Wako, inisiatif ini diambil untuk menjaring dan mendekatkan para lansia dengan vaksinasi COVID-19. Karena lansia adalah target utama untuk mendapat vaksinasi, selain jumlahnya yang masih minim juga mereka adalah golongan yang rentan tertular.

Nanti lima bus ini akan bergerak bergiliran ke semua kelurahan di Pekanbaru, menyasar seluruh lansia hingga tingkat RT/RW.

"Tujuannya supaya, para lansia ini tak bergerak terlalu jauh ke tempat vaksinasi. Jadi, bus vaksinasi keliling ini yang akan mendatangi kelompok-kelompok lansia yang sudah dipetakan," kata Firdaus MT.

Karena itu lanjut dia, secara teknis setiap lurah dimintakan untuk mendata berapa warganya yang sudah lansia.

"Saya minta lurah, camat, untuk mengumpulkan data para lansia. Sehingga, kita dapat memberikan pelayanan khusus cara vaksinasi lansia ke lokasi," kata Firdaus MT.

Kita berharap hingga akhir tahun 2021 seluruh warga Pekanbaru sudah di vaksin COVID-19.

"Bila terjadi kekebalan massal pada tahun ini, diharapkan bangsa kita bisa selamat dari pandemi corona," tukas Firdaus MT.

Baca juga: Tiga pabrik triplek ini diminta pindah dari pusat kota Pekanbaru

Baca juga: 38.679 UMKM terdampak COVID-19 di Pekanbaru terima bantuan modal