Sumbar Dijatah Empat Proyek MP3EI

id sumbar dijatah, empat proyek mp3ei

Sumbar Dijatah Empat Proyek MP3EI

Pekanbaru, (antarariau) - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyatakan Sumatra Barat (Sumbar) dijatah empat proyek besar untuk memperkuat program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Dari empat proyek besar yang dimaksud, yang terbesar adalah proyek perluasan Pelabuhan Teluk Bayur," kata Dahlan dalam pidatonya di acara Konferensi CEO Media dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Dahlan, Sumbar tidak hanya memiliki potensi wisata yang luar biasa, namun juga hasil industri yang baik dan memuaskan.

Namun hal itu tentunya harus didukung dengan berbagai infrastruktur yang memadai, mulai dari jalan yang akan menjadi salah satu proyek besar di Sumbar dan berbagai galian potensi industri lainnya.

Tapi menurut Dahlan, yang terpenting saat ini, untuk mendukung program MP3EI adalah pelabuhan.

"Di Sumbar itu ada Pelabuhan Teluk Bayur. Nantinya bisa disinergikan dengan berbagai hasil industri lokal khususnya semen yang menjadi andalan Sumbar," katanya.

Menurut Dahlan, seluruh proyek MP3EI di Sumbar dapat dilaksanakan pada tahun ini.

Dan untuk meningkatkan kapasitas di Pelabuhan Teluk Bayur, tentunya harus ada penggesahan secepatnya termasuk perluasan pelabuhan dan bembangunan infrastruktur pelabuhan yang maksimal.

Dengan demikian, katanya, diharapkan Pelabuhan Teluk Bayur dalam waktu dekat dapat atau mampu meningkatkan frekwensinya dari tahun ke tahun.

"Untuk melengkapi program MP3EI, diharapkan semuanya berjalan dengan baik," katanya.