6.900 Lowongan Kerja Luar Negeri

id 6900 lowongan, kerja luar negeri

6.900 Lowongan Kerja Luar Negeri

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Sebanyak 6.900 lowongan kerja ke luar negeri tersedia untuk para pencari kerja pada penyelenggaraan bursa tenaga kerja "Pekanbaru Job Expo" (PJE) tahun ini.

"Dari seluruh lowongan kerja yang ada, paling banyak adalah kesempatan untuk bekerja di luar negeri, yakni ada sebanyak 6.900 lowongan kerja," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Pria Budi, pada pembukaan PJE 2012 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, ada 15 negara tujuan untuk lowongan kerja di luar negeri tersebut. Diantaranya adalah lowongan kerja untuk berkarir di Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Arab Saudi.

Menurut dia, jumlah lowongan kerja pada PJE tahun ini mencapai 10.098 lowongan. Lowongan kerja yang tersedia, lanjutnya, porsi terbanyak untuk berkarir di mancanegara.

Sedangkan, kesempatan berkarir di Riau atau lokal hanya sebanyak 3.198 lowongan kerja.

Ia mengatakan, lowongan kerja untuk berkarir di luar negeri meningkat dibandingkan penyelenggaraan bursa tenaga kerja tahun lalu.

"Dibandingkan tahun lalu, jumlahnya meningkat karena sebelumnya hanya 800 lowongan kerja untuk ke luar negeri," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan, penyerapan lowongan kerja ke luar negeri sangat kecil. Pada penyelenggaraan tahun lalu, contohnya, hanya satu dari 800 lowongan kerja di luar negeri yang terisi.

"Kendalanya karena kemampuan bahasa asing yang kurang dan banyak pencari kerja menolak untuk bekerja di luar negeri," ujarnya.

Hingga Senin siang, ribuan pencari kerja terus memadati lokasi PJE 2012. Menurut Pria Budi, jumlah peserta dalam bursa kerja itu ada sebanyak 68 perusahaan.

Perusahaan yang berpartisipasi merupakan perusahaan skala besar skala nasional, diantaranya seperti PT Chevron Pasific Indonesia (CPI), Wilmar, IKPP, RAPP, RS Awal Bros, Bank Panin dan Bank Danamon.

Bursa tenaga kerja PJE diharapkan dapat membantu mengurangi angka pengangguran di Pekanbaru.