Mentan dukung Riau tingkatkan tanaman pangan holtikultura

id Mentan, menteri pertanian ke riau

Mentan dukung Riau tingkatkan tanaman pangan holtikultura

Sekdaprov Riau, Yan Prana. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk meningkatkan tanaman pangan Holtikultura perkebunan.

"Dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat tentunya Riau di sektor tanaman pangan akan lebih baik ke depannya," kataSekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya saat memberi sambutan pada acara pelepasan ekspor komoditas di PT Bio Cycle Indo Jalan Garuda Sakti, Kabupaten Kampar, Jumat.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan bahwa luas wilayah Provinsi Riau lebih kurang 90 ribu kilo meter lebih diantaranya daratan 89 ribu km dan lautan 1.000 km. Yang mana untuk sektor pertanian sendiri dengan luasan hampir 514 ribu hektare.

"Salah satu kebijakan penataan ruangnya adalah menerapkan pertanian lestari dan menjamin ketersediaan dan akses sumber daya lahan dan air secara berkelanjutan kearifan lokal," terangnya.

Ia mengungkapkan, hal ini dilakukan dalam rangka ketahanan pangan di Provinsi Riau. Selain itu juga dilakukan perlindungan terhadap pertanian lahan pangan melalui kawasan pertanian pangan berkelanjutan.

Selain itu juga lahan cadangan pertanian yang berkelanjutan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

"Tentunya kami sangat berterimakasih atas dukungan dari pak Menteri Perkebunan RI karena dengan dukungan dan kerja sama kita, tanaman pangan di Provinsi Riau semakin meningkat," pungkasnya. (Adv)