819 penghuni lapas dan rutan di Riau sembuh dari COVID-19

id warga binaan covid,narapidana covid,kemenkum ham riau,covid riau

819 penghuni lapas dan rutan di Riau sembuh dari COVID-19

Petugas Lapas Perempuan Kelas IIA Pekanbaru mengenakan alat pelindung diri saat memeriksa kesehatan warga binaan yang positif COVID-19, di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (01/10/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 819 warga binaan yang terkonfirmasi COVID-19 di belasan lembaga pemasyarakatan di Provinsi Riau, dinyatakan sudah sembuh.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Riau, Ibnu Chuldundi Pekanbaru, Rabu, mengatakan berdasarkan data terakhir pada 30 November 2020, sebagian besar warga binaan sudah sembuh dari total kasus COVID-19 mencapai 872 orang. Jumlah kasus kematian warga binaan akibat COVID-19 ada satu orang.

Perawatan warga binaan yang terjangkitCOVID-19 dengan cara isolasi mandiri di lapas maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) dengan cara memisahkan yang sehat dengan yang sakit.

Kasus COVID-19 tersebar di sembilan Lapas dan Rutan di Riau, antara lain di Lapas Klas IIA Pekanbaru, Lapas Klas IIA Tembilahan, Lapas Klas IIA Bangkinang, Lapas Perempuan Klas IIA Pekanbaru, Lapas Klas IIB Pasir Pangaraian, Lapas Klas IIB Selatpanjang, Lapas Klas IIB Taluk Kuantan, Rutan Klas I Pekanbaru, dan Rutan Klas IIB Dumai.

Ibnu mengatakan seperti di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pekanbaru, dari warga binaan yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 461 orang, jumlah yang sudah sembuh 449 orang.

"Yang masih menjalani isolasi ada 12 orang," katanya.

Kemudian di Lapas Klas IIA Tembilahan terdeteksi satu orang terkonfirmasi positif dan kini sudah sembuh. Di Lapas Klas IIA Bangkinang ada 13 orang terkonfirmasi positif, juga semuanya sudah sembuh. Begitu juga di Lapas Perempuan Klas IIA Pekanbaru, semua 85 warga binaan yang terkonfirmasi positif sudah dinyatakan sembuh.

Di Lapas Klas IIB Pasir Pangaraian terkonfirmasi positif ada dua orang dan kini sudah sembuh. Kemudian di Lapas Klas IIB Selatpanjang dari yang terkonfirmasi positif 15 orang, tinggal satu orang yang masih menjalani isolasi.

"Di Lapas Klas IIB Taluk Kuantan, yang terkonfirmasi positif 84 orang, sudah sembuh semua," ujarnya.

Selain itu, di Rutan Klas I Pekanbaru dari yang terkonfirmasi positif ada 11 orang, semuanya juga sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi.

"Di Rutan Klas IIB Dumai, terkonfirmasi positif 200 orang, yang sembuh 162 orang, dan yang masih menjalani isolasi masih ada 38 orang lagi," katanya.

Baca juga: 346 warga binaan Lapas Pekanbaru sudah sembuh dari COVID-19

Baca juga: Warga binaan Lapas Pekanbaru positif COVID-19 bertambah, totalnya 407 orang


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar