Hujan minimalisir titik api Riau

id hujan minimalisir, titik api riau

Hujan minimalisir titik api Riau

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Hujan berintensitas ringan-sedang yang melanda sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau berhasil meminimalisir titik api (hotspot) di sana, dari diatas 40 titik, saat ini tersisa tujuh titik.

Analis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Marzuki di Pekanbaru, Minggu, mengatakan ketujuh titik api tersebut tersebar di beberapa wilayah kabupaten/kota.

Diantaranya ada dua "hotspot" untuk Kabupaten Bengkalis, satu titik di Kabupaten Rokan Hilir dan Kampar, serta juga satu titik api untuk Kabupaten Indragiri Hulu, Kuantansingingi dan Meranti.

"Untuk beberapa kabupaten lainnya, seperti Pelalawan dan Kota Pekanbaru yang sebelumnya juga sempat terdeteksi titik api oleh satelit NOAA-18 saat ini sudah nihil," kata Marzuki.

Berkurangnya jumlah titik api di Riau, katanya, disebabkan hujan yang melanda wilayah "Provinsi Kaya Minyak" sejak Sabtu (24/3) yang cukup merata.

"Intensitasnya juga cukup lumayan lebat, atau sedang. Hal demikian yang kemudian memadamkan sejumlah titik api," ujarnya.

Marzuki menjelaskan, untuk hari ini hingga beberapa hari kedepan, cuaca di Riau cenderung berpotensi dilanda hujan berintensitas ringan-sedang.

"Jika hujannya turun siang atau sore hari, bisa jadi titik api akan kembali berkurang. Namun jika hujan turun malam atau dini hari, maka bisa jadi titik api jumlahnya tetap atau bahkan bertambah mengingat suhu udara yang masih ekstrem atau di atas 34 derajat Celsius," katanya.