BMKG temukan 25 titik panas tersebar di Kalimatan Timur

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, titik api

BMKG temukan 25 titik panas tersebar di Kalimatan Timur

Arsip - Petugas sedang memadamkan karhutla di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) (Antara/ HO Pusdalops Kabupaten PPU)

Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan dalam deteksinya menemukan sebanyak 25 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga semua pihak diajak selalu waspada dan saling menjaga.

"Sebanyak 25 titik panas tersebut terpantau sepanjang Jumat (16/2) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan, Diyan Novrida, di Balikpapan, Sabtu.

Informasi sebaran titik panas ini pun sudah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Manggala Agni dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Jumlah titik panas sebanyak ini mengalami peningkatan ketimbang hari sebelumnya, Kamis (15/2) yang terdeteksi 13 titik dan tersebar pada tiga kabupaten, yakni Kabupaten Paser satu titik , Kutai Timur delapan titik , dan, Kabupaten Kutai Kartanegara empat titik.

Mengingat jumlah titik panas yang mengalami peningkatan, maka ia mengimbau semua pihak selalu waspada dan mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran di hutan maupun lahan.

Kewaspadaan perlu terus dilakukan karena sejumlah kawasan masih mengalami cuaca panas dalam beberapa hari berturut-turut, sehingga hal ini dapat menyebabkan ranting dan daun mengering yang rawan terjadi karhutla saat terkena api maupun bara yang kecil.

Ia melanjutkan, sebanyak 25 titik panas yang terdeteksi kemarin tersebar pada enam kabupaten/kota yakni Samarinda satu titik , Paser satu titik , satu titik , Kutai Barat dua titik , Kutai Timur 14 titik , dan Kutai Kartanegara enam titik.

Rinciannya adalah di Kota Samarinda yang terdeteksi satu titik, berada di Kecamatan Sambutan, untuk Kabupaten Paser berada di Kecamatan Batu Engau, untuk Kabupaten Penajam Paser Utara berada di Kecamatan Penajam, yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Kemudian dua titik di Kabupaten Kutai Barat, keduanya di Kecamatan Jempang, enam titik di Kutai Kartanegara tersebar pada empat kecamatan yakni Kembang Janggut dua titik , Loa Janan dua titik , Marangkayu satu titik , dan Kecamatan Samboja satu titik, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Sedangkan 14 titik di Kabupaten Kutai Timur tersebar pada lima kecamatan yakni Sangatta Utara dua titik , Bengalon delapan titik , Busang satu titik , Kaubun satu titik , Kongbeng satu titik , dan Muara Ancalong satu titik, yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Baca juga: BMKG sebut jumlah titik panas di Kaltim turun dari 206 menjadi 106

Baca juga: BPBD: Kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan di Bangka Belitung capai Rp150 miliar