Tes cepat massal, dua warga Kecamatan Limapuluh Pekanbaru reaktif

id Rapid test,tes cepat massal, pekanbaru, dua warga reaktif

Tes cepat massal, dua warga Kecamatan Limapuluh Pekanbaru reaktif

Seorang perawat mengambil darah warga saat pengujian cepat atau rapid test COVID-19 di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (9/7/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah KotaPekanbaru telah menggelar rapid test atau uji cepat massal di kecamatan ke -12 yakni Limapuluh Kamis (16/7) hasilnya ditemukan dua warga dinyatakan reaktif COVID-19 dari 98 orang yag dites.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi di Pekanbaru, Jumat, mengatakandua orang yang reaktif tersebut telah dirujukuntuktest swab atau uji usap tenggorokan guna mengetahui dengan dini apakah positif COVID-19 atau tidak.

"Satu warga yang reaktif dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru sekaligus test swab dan satu lagi isolasi tetap test swab tetapi isolasi mandiri," katanya.

Upaya rapid test memang dilakukan oleh Pemerintah Kota di 12 kecamatan yang tersedia guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19, lewat metode Temukan Obati dan Sembuhkan (TOS).

Selain rapid test, Pemko juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 12 kecamatan yang sudah dilakukan secara bergilir.

Rapid test dan swab test massal lanjutan bakal berlangsung di tempat tertentu. Ada rencana bakal digelar di pasar karena itu tempat pertemuan masyarakat dari berbagai wilayah.

Baca juga: Uji usap 20 petugas Disdukcapil Pekanbaru negatif, kantor layanan dibuka kembali

Baca juga: RSUD Arifin Achmad turunkan tarif tes cepat COVID-19