Mobil Turis Tergulung Ombak Bono

id mobil turis, tergulung ombak bono

Mobil Turis Tergulung Ombak Bono

Pelalawan, Riau, (ANTARARIAU News) - Sebuah mobil milik turis tergulung ombak "Bono" Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan, Riau, Sabtu (26/11).

"Mobilnya rusak parah tergulung ombak Bono," kata seorang saksi mata, Dedi Panda (27), kepada ANTARA.

Gelombang Bono tepatnya berada di Kelurahan Teluk Meranti, daerah Semenanjung Kampar, berjarak sekitar 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Fenomena alam di Sungai Kampar itu terjadi karena pertemuan dua arus dari sungai dan arus laut dari muara, karena daerah itu langsung berhadapan dengan Selat Malaka.

Teluk Meranti kini memang ramai disesaki wisatawan domestik dan mancanegara karena ombak Bono kini mencapai puncak tertinggi. Menurut Panda, mobil turis itu berada di tepi Pantai Ogis saat Bono terjadi pada sekitar pukul 11.30 WIB.

"Saya baru sekali melihat ombak di sungai begitu dahsyat sampai menggulingkan mobil," katanya.

Seorang saksi mata lainnya, Rian (35), mengatakan mobil jenis garda ganda milik turis itu terlalu dekat dengan bibir pantai dan tak menyangka ombak Bono sudah dekat. Ombak Bono pada saat puncaknya mencapai ketinggian 4-6 meter.

"Ketika pengemudinya mau kabur, mobilnya terpuruk di kubangan. Untung tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Ombak Bono memang telah lama dikenal karena keganasannya. Namun, belasan peselancar dari mancanegara dan Jakarta justru menganggapnya sebagai hal yang menantang.

Hal itu membuat Pemerintah Kabupaten Pelalawan menyiapkan pawai budaya selama tiga malam untuk menghibur wisatawan itu. Pagelaran budaya itu akan digelar pada puncak gelombang Bono yang diperkirakan bakal terjadi mulai tanggal 25 hingga 28 November.

Pawai budaya itu dilakukan oleh warga dari enam kecamatan yang akan menampilkan tradisi budaya tradisional antara lain dari Kecamatan Langgam, Bunut, Bandar Petalangan, Sei Kijang, dan Kecamatan Pelalawan. Dinas Pariwisata membantu untuk menyiapkan pagelaran itu dalam bentuk pembekalan dan pengemasan acara.

Bahkan, Menko Kesra Agung Laksono dijadwalkan akan meninjau potensi ombak Bono pada Minggu (27/11) besok.